Sukses

Beauty

5 Langkah Merawat Kulit Berjerawat di Cuaca yang Panas

Fimela.com, Jakarta Satu tantangan yang paling sulit dihadapi oleh pemilik kulit berjerawat adalah cuaca yang panas. Cuaca panas dapat membuat kulit semakin berminyak, menyebabkan munculnya semakin banyak komedo, dan jerawat.

Panas, kelembapan, keringat, dan kelebihan minyak dapat memperparah keadaan kulitmu. Dilansir dari verywellhealth.com, berikut ini adalah beberapa langkah merawat kulit berjerawat di cuaca yang panas, penasaran?

1. Gunakan produk pembersih yang berbusa

Panas dan kelembapan menyebabkan kelenjar minyak bekerja ekstra. Ya, kamu memang tidak dapat menghentikan kelenjar minyak untuk menghasilkan minyak, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kelebihan minyak pada kulit berjerawat.

Langkah paling dasar adalah membersihkan kulit wajah dengan produk pembersih berbusa, dua kali dalam sehari. Jika kulitmu sangat berminyak, lakukan sampai dengan tiga kali dalam sehari.

Namun, ingat untuk tidak mencuci muka terlalu sering, karena dapat menghancurkan penghalang pelindung kulit, menyebabkan kekeringan, dan iritasi berlebihan. Pada akhirnya, terlalu sering mencuci muka hanya akan memperburuk jerawat pada kulit wajah.

2. Menggunakan astringent

Astringent adalah cara yang bagus untuk menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit. Nama produk tidaklah pentingnya, namun pastikan kulit wajah merasa nyaman ketika kamu menggunakannya, terutama bagi pemilik kulit berjerawat.

Menggunakan produk pelembap dengan tekstur yang lebih ringan

3. Menggunakan produk pelembap yang lebih ringan

Produk pelembap yang digunakan saat cuaca hangat tidak perlu memiliki tekstur yang berat. Cukup gunakan produk yang memiliki label noncomedogenic dan bebas minyak.

4. Menggunakan tabir surya secara rutin

Banyak obat jerawat membuat kulit lebih rentan dan sensitif terhadap paparan sinar matahari, sehingga penggunaan tabir surya secara rutin harus dilakukan. Pilihlah produk tabir surya yang non genogen, bebas minyak, dan mengandung SPF minimal 30.

5. Segera mandi setelah berkeringat

Keringat bisa mengiritasi jerawar, jadi sebaiknya segera mandi setelah kamu berolahraga atau kapan saja setelah berkeringat. Usahakan untuk mandi menggunakan produk sabun yang melawan jerawat, seperti asam salisilat atau benzoil peroksida.

Selama cuaca yang panas dan lembap, hindari gesekan pakaian atau peralatan atletik ketika berolahraga. Namun yang terpenting, bagaimanapun cuacanya, ketika kamu sudah merasa kewalahan, hubungi dokter atau profesional untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

Loading