Sukses

Beauty

Efektif Redakan Kemerahan pada Jerawat dengan 5 Kandungan Berikut Ini

Fimela.com, Jakarta Apapun jenisnya, jerawat merupakan permasalahan kulit yang sangat menyebalkan. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, kemunculannya juga dapat mengganggu penampilan. Menangani jerawat, khususnya dengan kondisi kemerahan, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Alih-alih mereda, penanganan yang salah hanya akan membuatnya jadi semakin parah. Bahkan, bisa juga menimbulkan permasalahan baru karena bekasnya yang tidak mudah hilang. Untuk meredakannya, kamu bisa menggunakan produk-produk skin care dengan kandungan yang tepat. Hmm, apa saja, ya?

1. Green Tea

Teh hijau telah dikenal sebagai bahan alami yang ampuh untuk mengatasi beragam permasalahan kulit, termasuk jerawat. Tak hanya mampu melawan tkamu-tkamu penuaan dini, kandungan anti-oksidan dari teh hijau juga dapat meredakan jerawat yang kemerahan, lho! Ada juga kandungan katekin dan proanthocyanidins di dalam teh hijau yang dapat membantu memerangi berbagai jenis bakteri penyebab jerawat sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Meski jenis teh lain juga memiliki kandungan anti-oksidan, namun teh hijau tetap menjadi jenis teh terbaik yang dapat dikamulkan untuk meredakan jerawat kemerahan.

Baca Juga: Mengenal Ragam Jenis Teh yang Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Berkhasiat untuk Menjaga Kecantikan Kulit

2. Chinese Licorice

Kondisi jerawat yang kemerahan terjadi karena iritasi atau infeksi yang terjadi pada kulit. Chinese Licorice atau Lichocalchone merupakan bahan alami yang asalnya dikenal sebagai obat tradisional Cina untuk menghilangkan racun di dalam tubuh. Seiring berjalannya waktu, ternyata kandungan ini juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan kondisi jerawat yang kemerahan atau berbagai kondisi kulit lainnya yang berkaitan dengan iritasi. Kandungan glycyrrhizin di dalam Chinese licorice bekerja sebagai bahan aktif yang memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu, Chinese licorice juga dapat dikamulkan untuk menenangkan, menghidrasi, menyamarkan bekas jerawat, serta melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

2 dari 2 halaman

Tips Atasi Jerawat

3. Red Marine Algae

Red marine algae atau ganggang laut merah juga menjadi salah satu kandungan yang dapat meredakan jerawat kemerahan. Semua jenis ganggang yang memiliki habitat di laut terus-menerus terpapar kondisi maupun cuaca ekstrim. Seiring berjalannya waktu, tanaman ini mengembangkan sistem pertahanan yang bermanfaat apabila diterapkan pada kulit manusia. Tidak seperti tanaman yang hidup di darat, ganggang tidak memiliki akar, sehingga mereka menyerap mineral penting dari laut dan memasukkannya ke dalam selnya.

Di antara berbagai macam jenis ganggang, ganggang laut merah adalah jenis yang paling efektif untuk meredakan kondisi jerawat yang kemerahan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Stirling, ganggang laut merah memiliki kandungan vitamin dan fatty acid yang bermanfaat untuk menekan perkembangan bakteri penyebab jerawat yang kemerahan seperti propionibacterium acnes. Ketika digunakan secara teratur, ganggang laut merah juga bermanfaat untuk menambah sistem kekebalan yang dapat mencegah jerawat muncul kembali.

4. Salicylic Acid

Di antara jenis acid yang lain, salicylic acid merupakan kandungan yang paling banyak diketahui manfaatnya dalam meredakan dan menyembuhkan jerawat. Asam salisilat memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu menenangkan kondisi jerawat yang kemerahan dan dapat membantu menghilangkan bekas jerawat yang disebut dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Tak hanya itu saja, salicylic acid juga bisa dikamulkan untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak yang menyebabkan jerawat dan komedo. Saat kamu mengalami kondisi jerawat yang kemerahan, pastikan skin care kamu memiliki kandungan salicylic acid di dalamnya. Namun, pastikan senantiasa melembapkan kulit dengan moisturizer agar kondisi sulit terbebas dari kekeringan, ya!

5. Sea Whip Extract

Kandungan berikutnya yang ampuh untuk membantu meredakan jerawat yang kemerahan adalah sea whip extract. Kandungan ini diperoleh dari ekstrak biota laut yang hidup pada terumbu karang yang disebut dengan Pseudopterogorgia Elisabethae. Sifat anti inflamasinya secara efektif dapat membantu meredakan jerawat yang kemerahan pada semua jenis kulit, sekalipun yang kulit sensitif. Di saat yang sama, sea whip extract juga dapat membantu menenangkan serta menjaga kelembapan kulit wajah. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik adalah kunci untuk mencegah munculnya jerawat dan permasalahan kulit lainnya, bukan?

Baca Juga: Hati-hati, Salah Penanganan Jerawat Bisa Menyebabkan Kondisinya Semakin Parah. Cari Tahu Alasannya di Sini!

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Skin Care Rutin yang Bisa Disesuaikan dengan Lama Penerbangan
Artikel Selanjutnya
Tips Menggunakan Tea Tree Oil untuk Menghilangkan Jerawat