Sukses

Beauty

Kesalahan Penggunaan Serum yang Membuat Hasilnya Jadi Kurang Maksimal

Fimela.com, Jakarta Dehidrasi, jerawat, hingga penuaan dini, merupakan beberapa masalah kulit yang umum dialami para wanita. Mengatasi sekaligus mencegah permasalahan ini memang dapat dilakukan dengan menggunakan produk skin care yang tepat, salah satunya serum. Dengan kandungan aktif dalam konsentrasi yang tinggi, serum memang diklaim efektif dalam merawat, menutrisi, sekaligus memperbaiki kondisi kulit. Sayangnya, hasil penggunaan serum dapat menjadi kurang maksimal jika melakukan beberapa kesalahan berikut ini. Apa saja?

1. Melupakan Pengaplikasian Pelembap

Meskipun memiliki kandungan yang sama, serum dan pelembap adalah jenis produk yang berbeda. Serum diformulasikan untuk menangani permasalahan kulit yang spesifik, sedangkan pelembap berfungsi untuk memperkuat lapisan pelindung kulit. Jadi, jika melewatkan pelembap dan hanya menggunakan serum, kulit tidak akan mendapatkan cukup hidrasi. Buruknya, hal ini ternyata dapat berujung dengan terjadinya penuaan dini.

2 dari 2 halaman

Kesalahan dalam mengguankan serum

2. Salah Urutan Penggunaan

Agar hasilnya maksimal, skin care perlu digunakan dalam urutan yang tepat, mulai dari yang paling encer hingga yang paling kental. Serum sendiri memiliki konsentrasi tinggi dengan konsistensi yang encer. Oleh karena itu, serum perlu digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan pelembap agar proses penyerapan dan kandungan aktif di dalamnya menjadi lebih efektif.

Baca juga: 5 Kesalahan Pakai Sheet Mask yang Perlu Dihindari Agar Mendapatkan Hasil yang Maksimal

3. Takaran Produk yang Tidak Sesuai

Untuk urusan serum, lebih banyak tidak berarti lebih baik, lho! Konsentrasi serum yang tinggi berisiko menyebabkan iritasi pada kulit jika digunakan secara berlebihan. Lantas, bagaimana jika kurang dari takaran? Tentu hasilnya juga tidak akan maksimal karena kulit tidak mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang rata. Saat menggunakan serum wajah, Sahabat Fimela membutuhkan produk dengan takaran sebesar satu butir kacang polong. Jika ingin menggunakan hingga ke leher, membutuhkan dua kali takaran serum.

4. Frekuensi Penggunaan yang Kurang Tepat

Berbeda dengan masker dan eksfoliator, serum bukanlah produk yang digunakan hanya saat menginginkan perawatan atau nutrisi ekstra pada kulit. Serum sebaiknya menjadi rutinitas skin care harian kamu. Gunakan serum sebanyak dua kali sehari di pagi dan malam hari. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan hasil akhir yang lebih maksimal. Namun, jangan lupa untuk membaca keterangan waktu penggunaan serum, ya! Ada beberapa jenis serum yang sebaiknya tidak digunakan pada pagi hari karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari.

Baca juga: Produk Skin Care Menyebabkan Jerawat? Jangan Langsung Dibuang! 3 Hal Ini yang Mungkin Jadi Penyebabnya!

5. Keliru dalam Memilih Serum

Sebelum memilih serum, harus tahu dulu skin care goals yang diinginkan. Pasalnya, setiap jenis serum memiliki fungsi yang spesifik. Contohnya saja, untuk memberikan hidrasi, mengatasi jerawat, atau untuk mengatasi tkamu-tkamu penuaan. Jika kamu ingin mengatasi beberapa masalah kulit, hindari mencampur serum saat pengaplikasiannya. Lebih baik, gunakan secara bergantian di pagi dan malam hari.

Baca juga: Rekomendasi Serum Wajah untuk Para Pemilik Kulit yang Super Kering

Semoga penjelasan ini bermanfaat untukmu.

Artikel Selanjutnya
3 Cara Memperbaiki Tampilan Alis yang Terlalu Tipis
Artikel Selanjutnya
Perbedaan Deodoran dan Antiperspirant yang Perlu Diketahui