Sukses

Beauty

Tranexamic Acid, Kandungan Skin Care Baru yang Populer di Industri Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Jika bicara mengenai produk perawatan kulit yang paling digemari sepanjang tahun 2018, aneka produk skin care dengan kandungan acid adalah juaranya! Alasannya? Acid atau zat asam cukup dipercaya dalam mengatasi beberapa masalah kulit yang umum terjadi pada wanita, seperti bjerawat, kusam, hiperpigmentasi, dan masih banyak lagi. Dari sekian jenis acid yang mungkin sudah familiar di telinga Anda, masih ada banyak jenis turunan acid yang namanya jarang terdengar, salah satunya tranexamic acid. Sebelum menggunakan produk mengandung jenis acid tersebut, kenali lebih jauh kandungan ini terlebih dahulu, yuk!

Sudah Umum Digunakan di dalam Dunia Medis

Tranexamic acid atau asam traneksamat sebetulnya sudah umum digunakan di dalam dunia medis. Asam ini biasanya digunakan sebagai obat untuk mengurangi atau menghentikan perdarahan yang terjadi pada pasien yang sedang menjalani operasi. Tranexamic acid bekerja dengan mendorong pembekuan darah agar mencegah kehilangan darah yang berlebihan pada pasien. Berangkat dari hal tersebut, penggunaan tranexamic acidakhirnya mulai dilirik oleh para dermatolog karena banyak yang menyadari bahwa terdapat perbaikan warna kulit dari tiap pasien yang menggunakannya pasca operasi.

Penelitian lebih lanjut terkait tranexamic acid, ditemukan bahwa tidak seperti kebanyakan asam lainnya, jenis asam ini kinerjanya lebih maksimal jika dikombinasikan dengan penggunaan produk pencerah kulit lainnya, seperti vitamin C atau sunscreen favorit. Selain dapat meratakan warna kulit, tranexamic acid juga mampu mengatasi hiperpigmentasi, bekas jerawat, serta melasma karena kemampuannya yang dapat menghambat tirosinase, yaitu enzim yang merangsang produksi melanin pada kulit.

Meskipun belum terlalu banyak brand kecantikan yang menggunakannya, agaknya kepopuleran tranexamic acidakan terus menanjak seiring berjalannya waktu. Jika penasaran ingin merasakan manfaatnya, Anda bisa mencoba beberapa produk skin care, antara lain SkinCeuticals Discoloration Defense, Shiseido White Lucent Brightening Protective Emulsion Broad Spectrum SPF 18, serta Su-Man Velvet Skin Brightening Serum. Namun, seperti biasa, ada baiknya Anda melakukan patch test terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak adanya efek samping akibat kandungan tranexamic acid. Selamat mencoba!

Baca Juga: Meski Tak Sepopuler Salicylic Acid, 5 Jenis Acid Berikut Juga Kaya Manfaat Kecantikan, Lho!

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Rekomendasi Perawatan untuk Mengontrol Produksi Keringat
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Pilihan Laser yang Mampu Menghilangkan Bekas Jerawat