Sukses

Beauty

Tips Tepat Mengatasi Bibir Kering dari Ahli Kulit

Fimela.com, Jakarta Tak hanya bagi para pengguna setia lipstik, bibir yang kering dan pecah-pecah pasti jadi masalah yang dihindari oleh banyak perempuan. Sayangnya, meski sudah rajin menggunakan lip balm, permasalahan yang dianggap mengganggu penampilan ini tetap saja kerap kembali terulang. Hmm, apakah lip balm yang digunakan tidak efektif? Atau, ada faktor lain yang membuat kondisi bibir sulit untuk sembuh di permasalahan tersebut? Cari tahu jawaban dari ahlinya, yuk!

Penyebab Bibir Mudah Kering dan Pecah-Pecah

Pernah bertanya-tanya mengapa bibirmu mudah sekali kering dan pecah-pecah? Menurut Sejal Shah, seorang dokter kulit di New York, bibir manusia merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Kulit bibir sangat tipis dan tidak memiliki kelenjar minyak seperti pada kulit, sehingga membuatnya lebih rentan mengalami kondisi kering dibandingkan bagian tubuh lainnya. Hal ini juga membuat bibir cenderung lebih sensitif terhadap kandungan yang dapat menyebabkan iritasi, seperti fenol, sodium lauryl sulfates, dan menthol, yang faktanya sangat mudah ditemukan di dalam pasta gigi dan obat kumur pada umumnya. Jika bibir sering terpapar kandungan ini, tidak menutup kemungkinan bahwa bibirmu menjadi mudah kering serta mengelupas.

Oleh karena itu, Sahabat Fimela perlu menghindari penggunaan produk oral seperti pasta gigi dan obat kumur dengan bahan seperti yang telah disebutkan di atas agar tidak memperparah kondisi bibir dan dapat beralih ke versi yang lebih netral. Selain itu, kamu dapat menggunakan produk pelembab, seperti lip balm, untuk menjaga bibir tetap lembap dan bebas dari kekeringan. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih lip balm. Hal ini dikarenakan beberapa produk lip balm memiliki kandungan yang rentan membuat iritasi seperti bahan pengawet, bahan perasa, parfum, ekstrak buah, menthol, camphor, dan masih banyak lagi.

Seorang makeup artist asal London, Caroline Barnes, juga berbagi informasi seputar kandungan tertentu yang membuat bibirnya mudah kering. Ia menjelaskan bahwa produk pelembab bibir yang mengandung alkohol di dalamnya dapat memperparah kondisi bibir yang kering, seperti halnya peppermint dan bahkan vitamin E bagi sebagian orang. Ia menyarankan untuk beralih kepada produk pelembab bibir yang lebih netral, yang telah terbukti menjadi alternatif yang lebih baik.

Oleh karena itu, pilihlah produk lip balm yang tidak mengandung rasa atau unflavoured, sehingga lebih aman untuk bibir. Dr Surbhi Mahajan, seorang ahli dermatologis dari India, menyarankan agar memilih produk lip balm yang mengandung beeswax atau petroleum jelly yang sudah dikenal sejak lama dapat melembapkan kulit. Tak hanya itu, produk ointment yang mengandung coconut oil atau cocoa butter juga dapat menjadi pilihan yang baik. Agar hasilnya lebih maksimal, Dr. Surbhi menyarankan agar kamu menggunakan lip balm setelah makan dan sebelum tidur.

Baca Juga: Bibir Kering? Ini 5 Rekomendasi Lip Balm dari Brand Lokal yang Bisa Dicoba!

Tak hanya itu, kamu juga harus tetap menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi baik di dalam maupun di luar. kamu harus memastikan untuk meminum banyak air agar terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan kulit serta bibirmu kering. kamu juga bisa memasang humidifier di rumah guna menjaga kondisi udara tetap lembap.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Rekomendasi Perawatan untuk Mengontrol Produksi Keringat
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Pilihan Laser yang Mampu Menghilangkan Bekas Jerawat