Sukses

Beauty

Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengeringkan Rambut

Fimela.com, Jakarta Tak berbeda jauh dengan kulit wajah, merawat rambut pun bisa menjadi hal yang membingungkan. Serupa dengan produk skin care, dengan tipe kulit kepala dan jenis rambut yang berbeda-beda, penggunaan produk hair care pun perlu disesuaikan. Namun, selain memerhatikan produk yang dipakai, kita juga harus teliti dengan cara merawat rambut, terutama saat mengeringkannya. Lantas, apa saja sih yang sebenarnya tidak boleh dilakukan saat mengeringkan rambut sehabis keramas?

Menggunakan handuk tebal

Membungkus kepala dengan handuk setelah selesai keramas atau mandi sudah menjadi kebiasaan dari kebanyakan orang. Selain menghindari tetesan air dari rambut, cara ini diyakini dapat membuat rambut kering lebih cepat. Sayangnya, menggunakan handuk tebal justru hanya akan membuat rambut jadi semakin rontok dan kusut. Serat dari handuk yang cenderung tebal dan kasar akan segera mencapai titik limit penyerapannya dan jika kamu mengusap-usap rambut secara keras. Buruknya lagi, cara tersebut juga akan membuat rambut yang masih basah rentan frizzy dan kusut.

Tidak menggunakan vitamin rambut

Banyak orang merasa tidak perlu menggunakan produk tambahan dalam hair care. Padahal, menggunakan sampo dan kondisioner saja tidak cukup untuk menjaga rambut dan kulit kepala agar tetap sehat. Untuk itu, kamu perlu menggunakan vitamin rambut; dalam bentuk serum, oil, maupun masker. Manfaat yang ditawarkanpun bermacam-macam, mulai dari mengurangi ketombe, membuat rambut lebih sehat, serta bisa juga untuk mengurangi risiko kerusakan dan bercabang.

Jika ingin menggunakan vitamin rambut, lakukanlah saat kondisinya masih terasa basah dan lembap agar kandungan baik di dalamnya dapat terserap dengan maksimal. Bingung dalam menemukan vitamin rambut yang berkualitas? Coba cek di Sociolla, selain menawarkan berbagai pilihan hair serum di sana juga ada banyak hair oil, lho!

Mengeringkan rambut dengan hairdryer saat masih basah

Untuk mendapatkan hasil terbaik saat mengeringkan rambut, kamu memang perlu segera mengeringkannya hingga lembap. Namun, bukan berarti bisa langsung menggunakan hairdryer untuk mempercepat proses tersebut. Menggunakan hairdryer pada rambut yang masih basah dapat menyebabkan lapisan terluar helaian rambut jadi rusak dan mudah patah. Setidaknya, gunakanlah hairdryer saat rambut berada dalam kondisi setengah kering. Selain itu, jangan lupa atur suhunya paling tidak 70-80%, sebelum melakukan blow dry.

Baca juga: Bantu Keringkan Rambut dalam Waktu Singkat Tanpa Membuatnya Rusak, Ini 5 Hair Dryer yang Layak untuk Dimiliki!

Loading
Artikel Selanjutnya
Beralih ke Powder Shampoo untuk Menjaga Kesehatan Rambut dan Lingkungan
Artikel Selanjutnya
5 Bahayanya Tidur dengan Rambut Masih Basah