Sukses

Beauty

Kandungan Acid yang Cocok Untuk Tiap Jenis Kulit

Fimela.com, Jakarta Acid atau asam adalah senyawa yang umum terdapat dalam kandungan skincare, tapi acid itu sendiri memiliki banyak jenis dan masing-masingnya memiliki fungsi yang berbeda. Acid akan berfungsi optimal jika digunakan untuk kondisi kulit yang tepat dengan cara kerjanya.

Senyawa acid apa yang akan pas dengan kondisi kulitmu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kulit kering

Hyaluronic acid merupakan penyelamat bagi kulit kering. Fungsinya memang untuk menghidrasi, bukan mengangkat sel kulit mati. Senyawa yang satu ini juga bisa ditemukan dalam tubuh, tak heran kalau hyaluronic acid banyak ditemukan dalam skincare.

Kulit normal

Untuk kondisi kulit normal, glycolic acid adalah pasangan yang tepat. Glycolic acid adalah senyawa acid paling lembut dan memiliki molekul yang kecil sehingga mudah diserap kulit. Glycolic acid juga mampu menstimulasi kolagen sehingga dapat membantu kulit mencapai kondisi terbaiknya.

2 dari 2 halaman

Kulit Kusam

Untuk mengatasi kulit kusam, kojic acid adalah pilihan tepat. Kojic acid diciptakan dari bakteri hasil fermentasi beras untuk sake. Biasanya kojic acid terdapat dalam pembersih atau serum dengan konsentrat 1:4. Meski berisiko menimbulkan iritasi, namun kojic acid ampuh sekali untuk mencerahkan wajah!

Kulit sensitif

Tentu saja, kojic acid bukan senyawa yang tepat untuk kulit sensitif. Kulit yang sensitif lebih cocok menggunakan lactic acid untuk mencerahkan wajah karena lebih ringan, sehingga meminimalisir risiko iritasi.

Kulit berjerawat

Pemilik kulit berjerawat pasti familiar dengan salicylic acid, atau nama lainnya adalah beta-hydroxy acid. Senyawa ini mampu mengeksfoliasi dengan cara melakukan penetrasi ke dalam kulit sehingga dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak.

Apakah kamu sudah memakai kandungan acid yang tepat, Sahabat Fimela?

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bagian Tubuh yang Paling Rentan Menunjukkan Tanda Penuaan
Artikel Selanjutnya
Manfaat Jeruk untuk Kulit Mulus Tanpa Jerawat