Sukses

Beauty

Begini Langkah Melakukan Bleaching Rambut Tanpa Harus Merusaknya

Fimela.com, Jakarta Berencana mengubah warna rambut dengan warna yang terang seperti pink, lilac, atau bahkan platinum blonde? Untukmu yang memiliki warna rambut gelap, seperti wanita Indonesia pada umumnya, proses bleaching dibutuhkan untuk mencapai hasil yang maksimal. Namun, proses bleaching biasanya akan menyebabkan kerusakan pada rambut sehingga membuat seseorang ragu sebelum memutuskan akan mewarnai rambutnya. Padahal kalau dilakukan dengan benar, kamu bisa meminimalisir kerusakan akibat proses bleaching, lho! Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

Gunakan Hair Mask 2 Minggu Sebelum Bleaching Rambut

Mau melakukan bleaching di rumah atau di salon profesional sekalipun, kamu sebaiknya memastikan kalau rambutmu sedang berada di kondisi terbaiknya. Mulailah rawat rambut kamu menggunakan masker rambut sejak dua minggu sebelum jadwal pewarnaan rambut kamu. Bisa menggunakan hair mask khusus atau menggunakan minyak kelapa. Untuk perlindungan maksimal, kamu juga bisa mengaplikasikan minyak kelapa pada rambut, satu jam sebelum proses bleaching rambut.

Hindari Keramas Sebelum Bleaching Rambut

Mungkin ini terdengar sedikit menjijikan, tetapi sebaiknya kamu tidak mencuci rambut kamu satu atau dua hari sebelum hari pewarnaan rambut. Khususnya bila ini pertama kalinya kamu melakukan bleaching dari akar hingga ke ujung rambut. Bleaching dapat menyebabkan iritasi jika dilakukan pada kondisi kulit kepala yang kering. Dengan menunda keramas, minyak alami kulit kepala akan terkumpul dan membantu mencegah terjadinya iritasi, sekaligus melindungi rambut kamu dari kekeringan yang berlebihan.

Baca juga: Salah Mewarnai Rambut? Ini yang Perlu kamu Lakukan!

2 dari 2 halaman

Lakukan Bleaching Beberapa Kali

Untuk rambut berwarna gelap seperti hitam atau cokelat tua, butuh beberapa kali proses bleaching hingga menghasilkan warna rambut terang dan siap untuk dicat dengan warna lain. Setelah melakukan proses bleaching, pastikan untuk memberi jeda sekitar 1-2 minggu hingga proses bleaching selanjutnya untuk membiarkan rambut kamu membaik dari kerusakan yang terjadi. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan menggunakan kondisioner agar rambut tetap terjaga kelembapannya.

Rawat dengan Deep Conditioner

Agar rambut lebih terawat setelah bleaching, pastikan untuk selalu menggunakan conditioning shampoo dan kondisioner yang diformulasikan untuk rambut kering. Selain itu, lakukan deep conditioning treatment sebanyak dua kali dalam seminggu, dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan oil di dalamnya. Aplikasikan produk perawatan pada rambut dan tutup dengan shower cap selama 15 menit atau lebih, untuk membantu memaksimalkan penyerapan produk.

Baca juga: 5 Hal Wajib Tahu Sebelum Mewarnai Rambutmu

Batasi Penggunaan Hair Styling Tools

Rambut yang telah melalui proses bleaching akan lebih rapuh dan lebih mudah rusak. Maka itu penggunaan hair styling tools akan semakin memperparah kondisi rambutmu. Selain menjadi tambah kering, penggunaan hair styling tools juga akan membuat rambut terlihat kusam dan mudah patah. Tidak mau hal ini terjadi, kan? Ingat untuk selalu menjaga hidrasi rambut dan berikan perlindungan pada rambut dengan menggunakan heat protection spray, ya!

Loading
Artikel Selanjutnya
Apakah Probiotik Benar-benar Ampuh Mengatasi Jerawat?
Artikel Selanjutnya
Faktanya Minum Alkohol Ternyata Berdampak pada Kesehatan Kulit