Sukses

Beauty

Tips Mudah untuk Menghilangkan Blackheads di Area Wajahmu

Fimela.com, Jakarta Bagi pemilik kulit berminyak, blackheads adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu penampilan. Berbeda dengan whiteheads, blackheads merupakan jenis komedo yang dapat menimbulkan titik-titik hitam di wajah. Titik-titik hitam ini terjadi karena minyak serta kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah terpapar dengan bakteri yang berada di udara. Masalah kulit ini tentunya harus segera diatasi karena pori-pori yang kotor jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah kulit lainnya, salah satunya yaitu berkurangnya elastisitas kulit. Masih bingung cara untuk menghilangkan blackheads dari wajah kamu? Deretan tips berikut ini bisa diikuti untuk ‘melenyapkan’ blackheads di area wajah, seperti hidung, dagu, dan dahi!

1. Mencuci Wajah Setidaknya Dua Kali Sehari

Mungkin kedengarannya klise, tetapi mencuci wajah secara rutin sebanyak dua kali sehari dapat membantu mencegah blackheads akibat kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori kamu. Cucilah wajah kamu di pagi hari untuk menghilangkan bakteri dari sarung bantal yang mungkin telah menempel pada kulit. Lalu, pada malam hari sebelum tidur pastikan bahwa kamu mencuci wajah untuk menyingkirkan makeup dan kotoran yang melapisi kulit sepanjang hari. Gunakan pembersih wajah yang lembut seperti COSRX Low pH Good Morning Cleanser atau Senka Perfect Whip agar tidak mengiritasi kulitmu.

2. Bersihkan Pori-Pori Kotor dengan Pore Strip

Jika menginginkan solusi untuk menghilangkan blackheads secara instan, Sahabat Fimela bisa menggunakan pore strip. Pore strip dapat membantu menghilangkan blackheads dengan cara mengeluarkan kotoran dan minyak yang tersumbat pada pori-pori kulit wajah. Hanya saja, perlu diingat bahwa metode ini tidak berarti dapat langsung menghilangkan blackheads selamanya dari kulit kamu. Pore strip hanya mengangkat kotoran dan minyak yang ada di permukaan kulit saja, atau blackheads yang baru muncul di pori-pori dalam jangka waktu yang singkat. Jika kamu ingin menghilangkan blackheads secara permanen, penggunaan pore strip tentunya harus dibarengi dengan perawatan kulit yang tepat pula.

Baca Juga: Komedo Blackheads dan Whiteheads, Apa Perbedaannya?

3. Rutin Melakukan Eksfoliasi untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain kotoran dan minyak, sel kulit mati adalah salah satu hal yang juga dapat menyumbat pori-porimu. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan eksfoliasi secara rutin dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang berkontribusi pada pembentukan blackheads di kulit. Jika memiliki jenis kulit sangat berminyak yang rentan terhadap blackheads, kamu dapat meningkatkannya hingga tiga kali seminggu. Fokuskan eksfoliasi pada daerah yang rentan terkena blackheads, yaitu hidung, dagu, serta dahi. Pastikan untuk mengaplikasikan pelembap setelah kamu melakukan eksfoliasi. Jika kamu membiarkan kulit tetap kering, produksi minyak kamu akan semakin bertambah, menciptakan lebih banyak minyak, dan lebih banyak blackheads.

4. Cobalah Mikrodermabrasi

Perawatan kulit di klinik kecantikan tentunya juga bisa membantu mengatasi blackheads yang biasanya bersarang di hidung, dagu, dan dahimu. Jika kamu sudah familiar dengan perawatan facial, microdermabrasion atau mikrodermabrasi juga dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan blackheads yang membandel di kulit kamu. Tidak perlu khawatir, perawatan kulit mikrodermabrasi dikenal tanpa rasa sakit layaknya facial, tetapi bisa dengan efektif mengangkat sel kulit mati di lapisan permukaan serta merangsang produksi kolagen agar kulit semakin sehat.

5. Hindari Bahan-Bahan yang Dapat Menyumbat Pori-Pori

Selain rutin melakukan perawatan kulit, kamu juga perlu menghindari beberapa bahan tertentu yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Dimethicone adalah jenis silikon yang biasa ditemukan dalam lotion, primer, dan foundation yang digunakan untuk mengisi tekstur yang tidak rata dan garis-garis halus. Meskipun bahan tersebut tergolong aman untuk perawatan kulit, penggunaan dimethicone secara berlebihan sebenarnya telah terbukti dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk jerawat serta komedo. Coconut oil atau shea butter juga bersifat komedogenik atau dapat menyumbat pori-pori sehingga perlu kamu hindari. Jika kulit kamu tergolong acne-prone atau berminyak, hindari produk berbahan dasar minyak karena akan menyebabkan terbentuknya lebih banyak komedo.

Baca Juga: Perlukan Permasalahan Jerawat Ditangani dengan Penggunaan Antibiotik? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Kola Nut, Bahan Alami dengan Kandungan Kafein sebagai Anti-Aging
Artikel Selanjutnya
Polyglutamic Acid: Kandungan Skin Care yang Ampuh untuk Melembapkan Kulit