Sukses

Beauty

Hal yang Dihindari Saat Mewarnai Rambut agar Tetap Awet

Fimela.com, Jakarta Sudah memutuskan warna baru untuk rambut kamu? Apapun warna pilihan kamu, rambut yang diwarnai akan membutuhkan perhatian dan perawatan lebih agar hasilnya lebih tahan lama. Sayang sekali bila rambut yang baru saja diwarnai langsung pudar dalam waktu satu atau dua minggu saja. Tidak mau hal ini terjadi, kan? Supaya warna rambut lebih tahan lama dan tidak kusam, berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan setelah mewarnai rambut.

Keramas dengan Sampo yang Tidak Sesuai

Setelah mewarnai rambut, ganti sampo dan kondisioner dengan produk yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai. Sampo dan kondisioner reguler bersifat terlalu keras untuk rambut kamu sehingga akan memudarkan warna dan membuat rambut terlihat kusam. Pilihlah sampo dan kondisioner dengan label sulfate-free. Atau, kamu juga bisa mencampurkan sampo dan kondisioner untuk menghasilkan cleanser yang lebih ringan untuk rambut yang diwarnai.

Terlalu Sering Menata Rambut dengan Hair Styling Tools

Gemar menata rambut menggunakan hot styling tools? Hati-hati, panas yang berlebih dari alat-alat ini dapat merusak molekul pada warna rambut. Akibatnya, warna rambut akan memudar lebih cepat. Selain itu, proses pewarnaan rambut akan membuatnya lebih rapuh sehingga kamu berisiko mengalami kerusakan rambut yang lebih parah lagi.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengecat Rambut untuk Dapat Warna Lebih Muda

2 dari 2 halaman

Keramas Setiap Hari

Setelah mewarnai rambut, sebaiknya hindari kebiasaan keramas setiap hari. Selain membuat minyak alami yang berfungsi melembapkan rambutmu hilang, warna cat pada rambut kamu juga luntur sedikit demi sedikit. Akibatnya, warna rambut akan lebih cepat pudar dan kodisi rambut terlihat lebih kusam. Untuk menghindari hal ini, batasi jadwal keramas kamu menjadi 2-3 kali dalam satu minggu dan gunakan dry shampoo bila kamu khawatir rambut akan terlihat lepek saat tidak keramas.

Keramas dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat memang memberikan efek rileks pada tubuh. Sayangnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan rambut kamu rusak. Air hangat akan membuka kutikula, membuat warna rambut memudar saat kamu keramas atau menggunakan kondisioner. Jika kamu tidak bisa mandi dengan air dingin, gunakan air hangat suam kuku saat membasahi rambut, kemudian bilas rambut menggunakan air dingin.

Baca juga: 3 Kesalahan Mewarnai Rambut yang Bisa Dihindari

Tidak Memberikan Perlindungan pada Rambut

Setelah diwarnai, kondisi rambut akan menjadi lebih rentan rusak. Maka itu, sebaiknya selalu memberikan perlindungan lebih pada rambut. Misalnya, dengan cara selalu menggunakan heat protectant sebelum menggunakan hot styling tools. kamu juga sebaiknya menggunakan topi atau sunscreen khusus rambut untuk melindunginya dari panas matahari. Selain itu, ingat juga untuk memberi nutrisi bagi rambutmu menggunakan leave-in conditioner khusus rambut diwarnai.

Loading
Artikel Selanjutnya
Review: Luxcrime Ultra Highlighter Stardust and Thunderstorm
Artikel Selanjutnya
Pahami Konsep Tradisi Pengobatan Kuno Ayurveda Dilihat dari Sisi Kecantikan