Sukses

Beauty

Begini Cara Menentukan Skincare yang Tepat untuk Kulitmu

Fimela.com, Jakarta Fun fact, ada sekitar delapan triliun produk kecantikan di pasaran saat ini, yang dapat membingungkan bahkan bagi pecinta produk skincare paling berpengalaman sekalipun. Tapi merawat kulit tidak harus sesulit itu, asal mengenal jenis kulit yang dimiliki.

Begitu mengetahui jika jenis kulitmu kering, berminyak, kombinasi, atau normal, kamu bisa membeli jenis produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk kulit sehat dan cantik.

Kulit Normal

Untuk menguji jenis kulitmu, coba lakukan uji sederhana dengan mencuci wajah dengan sabun pembersih lalu keringkan. Jangan gunakan makeup, pelembap, atau tabir surya selama dua jam penuh, lalu periksa kondisinya. Jika terasa nyaman dan kulit tidak berminyak, kemungkinan kamu memiliki kulit normal.

Beruntungnya yang memiliki kulit normal karena bisa menggunakan produk untuk kulit kering dan berminyak. Walau cenderung tidak bermasalah, hindari penggunaan produk pembersih dan scrub yang “keras”. Sebaliknya, pilih produk yang ditargetkan khusus untuk masalah kulit seperti garis halus dan kerutan, flek hitam, kusam, hingga kemerahan.

Kulit Kering

Setelah melakukan uji sederhana, kulit terasa kencang dan terkelupas artinya kamu memiliki kulit kering. Untuk menjaga kelembapan alami kulit, hindari penggunaan produk pembersih dengan terlalu banyak busa, clay atau charcoal mask, dan produk yang mengandung alkohol tinggi. Sebaiknya gunakan produk dengan kandungan pelembap tinggi untuk melindungi kulit, mulai dari pembersih yang kembut, mengandung asam laktat yang menghaluskan kulit, hingga memilih pelembap dengan krim tebal atau kaya minyak.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak dan mengkilap cukup parah usai uji sederhana? Bisa dipastikan kamu memiliki jenis kulit berminyak. Walau lebih tahan terhadap penuaan dini, kulit berminyak juga rentan pada jerawat dan pori-pori yang tersumbat.

Pastikan untuk menghindari produk yang mengandung terlalu banyak pelembap tapi pilih yang ringan dan menyerap minyak. Mulai dari serum berbahan dasar air, pelembap jenis gel, hingga menggunakan produk yang mengandung asam salisilat.

Kulit Kombinasi

Jika berminyak di beberapa area dan kering di kulit wajah lainnya, maka kamu cenderung memiliki kulit kombinasi. Sedikit rumit, karena menggunakan produk yang sama untuk merawat keseluruhan permukaan kulit akan menimbulkan masalah baru.

Pastikan untuk menghindari pembersih yang terlalu berbusa yang bikin kulit jadi kering atau pelembap yang berat karena akan menyumbat pori-pori. Sebagai gantinya, tetap pilih produk dengan formula lembut dan gunakan produk khusus untuk mengatasi area kulit yang kering atau berminyak.

Kulit Sensitif

Jenis kulit ini biasanya dimiliki oleh mereka yang sering mengalami kemerahan atau gangguan iritasi, seperti gatal, terkelupas, hingga perih. Intinya, pilih produk dengan formula lembut dan menenangkan, khususnya tanpa pewangi maupun alkohol yang bisa bikin kulit makin kering.

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit memang gampang-gampang susah, #MulaiAjaDulu dari Tokopedia. Ada banyak pilihan produk skincare yang dapat disesuaikan dengan jenis kulitmu. Selain terjamin asli, ada cashback dan promo free ongkir yang bisa dimanfaatkan lewat Maret Mantap Tokopedia. Tunggu apalagi, rawat kulit cantik sejak dini dengan klik di sini! (eth)

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Gaya Rambut Beauty Blogger Hits yang Cocok Dicontek untuk Datang Ngegigs
Artikel Selanjutnya
Bye Ketiak Kasar dan Dapatkan Kesempatan Menangin Liburan ke Maldives