Sukses

Beauty

5 Tahap Pertolongan Pertama Saat Kulit Terbakar Sinar Matahari

Fimela.com, Jakarta Menggunakan tabir surya merupakan hal terpenting sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. Bahkan, meski hanya bepergian ke kantor saja, tabir surya tidak boleh terlupakan. 

Matahari di tengah kota memang kerap terasa menyengat. Namun, jarang mengubah kulit menjadi kemerahan atau menimbulkan sunburn. Tetapi, jika bepergian ke pantai atau daerah yang lebih panas, sunburn tidak hanya dapat mengubah warna kulit menjadi kemerahan, tetapi juga terasa perih. 

Sebaiknya, jika sudah mengalami hal ini, langsung pergi ke dokter untuk mendapatkan pelayanan yang tepat. Sebelum menemui dokter, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan rasa sakit dan kemerahan pada kulit yang terbakar. 

Mandi Air Dingin

Bukan iar es, cukup mandi dengan air biasa. Namun, tulis Women's Health Magazine, sebaiknya jangan menggunakan air panas atau hangat karena akan menambah rasa perih. Selain itu, air panas dapat mengikis kulitmu yang sedang mengalami iritasi hebat. 

Pakai Lotion

Setelah mandi, kulitmu yang masih lembab sangat baik untuk menerima moiturizing lotion. Hal ini juga dapat memberikan instant sun relief. Sehingga rasa perih dan sakit pada kulit yang terbakar sinar matahari akan terasa lebih sejuk dan lebih nyaman. 

Jangan lupa untuk selalu mengoleskan lotion beberapa kali sehari selama beberapa kali, sampai warna kulit tidak lagi kemerahan. 

Pantangan Skincare

Pada dasarnya, menggunakan skincare apa pun tetap boleh dilakukan meskipun kulit masih berwarna kemerahan. Namun, jangan aplikasikan skincare yang mengandung lidocaine dan benzocaine. Keduanya merupakan anestesi topikal yang dapat menimbulkan reaksi terhadap produk tersebut bagi sebagian orang. 

Kulit Mengelupas

Kulit yang terbakar matahari sangat parah bisa saja melepuh dan bahkan mengakibatkan kulit mengelupas. Apa pun yang kamu lakukan, jangan mencabuti kulit yang mengelupas. Juga jangan memecahkan kulit yang melepuh. Hal ini justru dapat memperparah kondisi. 

Minum Lebih Banyak Air

Sunburn dapat mengakibatkan dehidrasi. Karena, menurut Skin Cancer Foundation, cairan tubuh tertarik ke permukaan kulit dan menjauh dari bagian tubuh lainnya. Jadi, jangan lupa untuk minum air mineral yang lebih banyak saat mengalami sunburn

Loading
Artikel Selanjutnya
Atasi Warna Kulit Tidak Merata dengan Masker Kayu Manis
Artikel Selanjutnya
Total Body Brightening, Teknologi Perawatan Kecantikan untuk Cerahkan Kulit Tubuh