Sukses

Beauty

Teknologi Micellar Kini Juga Bisa Ditemukan pada Produk Sampo, Lho!

Fimela.com, Jakarta Semenjak kemunculannya beberapa tahun lalu, micellar water kian sukses dan kerap menjadi pilihan utama banyak orang sebagai cara cepat sekaligus praktis untuk membersihkan wajah dari makeup maupun kotoran. Mengingat kemampuannya yang begitu efektif, menjadikan banyak brand tertarik untuk menggunakan teknologi micellar untuk menciptakan produk kecantikan lainnya. Setelah melalui proses yang cukup panjang, kini hadirlah micellar shampoo, sampo yang diformulasikan dengan teknologi micellar. Wah, kira-kira seperti apa efeknya untuk rambut, ya? Yuk, lihat di sini!

Apa itu micellar shampoo?

Tekonologi micellar menggunakan micelles, yaitu surfaktan yang memiliki 2 ujung berbeda, satu ujungnya akan menarik dan mengikat air, sedangkan ujung satunya lagi akan menarik sekaligus mengikat rambut. Sama halnya saat micellar water bekerja pada wajah, micellar shampoo akan mengikat minyak dan air sekaligus mengangkat kotoran pada rambut. Selain lebih efektif dalam membersihkan rambut, produk ini juga mudah dibilas serta tidak meninggalkan residu.

Meski menggunakan teknologi yang serupa, namun ada sedikit perbedaan antara micellar water pada makeup remover dan sampo. Nah, jika tidak perlu membilas wajah setelah menggunakan micellar water, masih perlu membilas rambut setelah setelah menggunakan micellar shampoo. Hal ini disebabkan oleh pengenceran (dilution) micelles yang teraktivasi saat kamu keramas, sedangkan micellar water yang digunakan pada wajah tidak diencerkan (pre-diluted).

Baca juga: Ingin Punya Rambut Sehat? Yuk, Mulai Hindari Hal-Hal Berikut Saat Mengeringkan Rambut!

Perbedaan micellar shampoo dan sampo lainnya

Sekilas, micellar shampoo mungkin terdengar serupa dengan clarifying shampoo. Apalagi, keduanya sama-sama digunakan untuk membersihkan minyak dan kotoran yang menumpuk pada kulit kepala. Namun, berbeda dengan clarifying shampoo yang hanya dianjurkan untuk digunakan beberapa kali dalam sepekan (bahkan tidak disarankan untuk rambut yang diwarnai), micellar shampoo dapat digunakan setiap hari karena memiliki formula yang aman dan tidak akan ‘mengeringkan’ minyak alami pada rambut.

Secara umum, sampo juga memiliki efek ‘mengeringkan’ pada rambut. Oleh karenanya, tak hanya mengangkat kotoran dan minyak, kebanyakan sampo juga akan mengangkat kelembapan kulit kepala, sehingga Sahabat Fimela pun membutuhkan conditioner setelah keramas. Lambat laun, hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit kepala, rambut kering, dan memudarkan rambut yang diwarnai.

Nah, inilah mengapa micellar shampoo semakin digemari. Secara sederhana, micellar shampoo adalah alternatif sampo yang lebih gentle atau mild. Oleh karena itu, micellar shampoo dapat digunakan setiap hari, bahkan pada rambut yang diwarnai, karena efek sampingnya lebih minim dan tidak akan membuat rambut kamu kering.

Namun, perlu diketahui juga, walaupun micellar shampoo tidak memiliki kandungan yang akan membuat rambut kering, produk ini juga tidak diperkaya dengan conditioning ingredients yang akan melembapkan rambut atau kandungan khusus untuk mengatasi masalah rambut lainnya. Jadi, penggunaan micellar shampoo tidak berarti lebih baik dari penggunaan sampo biasa.

Baca juga: Clarifying Shampoo, Perlukah Menggunakannya?

Apakah perlu menggunakan micellar shampoo?

Setelah membaca artikel di atas, mungkin sudah cukup paham mengenai micellar shampoo dan bagaimana produk ini bekerja. Jika dirangkum, intinya micellar shampoo akan bekerja efektif membersihkan rambut secara lembut dan hanya bekerja efektif membersihkan rambut–tanpa khasiat atau klaim menjanjikan lainnya. Setelah menggunakan micellar shampoo pun kamu tetap disarankan untuk menggunakan conditioner.

Nah, apabila tidak memiliki masalah rambut yang spesifik atau kondisi rambut kamu sudah cukup baik, micellar shampoo dapat menjadi pilihan yang tepat karena formulanya lembut dan tidak akan menyebabkan over-cleansing. Micellar shampoo juga akan menjadi pilihan yang tepat jika memiliki rambut yang diwarnai, rambut tipis, atau rambut kering.

Baca juga: Beri Nutrisi Sekaligus Rawat Rambut Kering dengan 5 Produk Perawatan Rambut Berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
Pendapat Ahli Mengenai Kopi Memicu Jerawat
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Warna Lipstik yang Sesuai dengan Zodiakmu