Sukses

Beauty

6 Resep Perawatan Kulit dan Rambut Menggunakan Shea Butter

Fimela.com, Jakarta Bagi pecinta skincare dan perawatan kulit dari bahan alami, mungkin tidak lagi asing dengan shea butter yang berasal dari Ghana. Shea butter sendiri sebenarnya merupakan krim atau yang terbuat dari shea nuts. 

Sudah sejak 1987 , Body Shop memiliki program “Trade Not Aid” yang merupakan kerja sama untuk mengumpulkan bahan baku dan aneka bahan sampingan di seluruh dunia. Program ini juga menunjang kehidupan masyarakat yang terlibat melalui komunitas masyarakat.

Salah satunya, Community Trade shea butter yang digunakan di seluruh rangkaian Shea Body Shop, yang terdiri dari Shea Shampoo, Shea Contioner, Shea Hair Butter, Shea Hand Cream, Shea Shower Cream, Shea Body Scrub, dan Shea Butter. 

View this post on Instagram

Dame Anita Roddick pertama kali datang ke Ghana pada 1992 dan bertemu dengan perempuan-perempuan inspirasional. Sejak kerja sama #CommunityTrade dimulai ditahun 1994, 640 perempuan dari 11 desa membuat 390 ton shea butter secara alami untuk The Body Shop setiap tahunnya, melalui proses tradisional 18 tahap yang diwariskan dari generasi ke generasi. Selain menerima upah premium, kerjasama ini telah membantu berbagai proyek komunitas yang memberi dampak positif bagi 49.000 penduduk lintas 11 desa, meliputi pembangunan 7 sekolah untuk pendidikan dan mempermudah akses untuk mendapatkan air bersih dan pelayanan kesehatan. Every time you nourish skin and hair with Shea, not only you're caring for yourself, you also care for the women that enrich it. Let’s #EnrichNotExploit. #TheBodyShopIndo #TheBodyShop #SheaButter #Shea #CarewithShea

A post shared by The Body Shop Indonesia (@thebodyshopindo) on

Shea butter ini langsung diambil dari tangan Tungteiya Women's Shea Butter Association, yang terdiri dari 500 perempuan. Mereka memproses shea nuts menjadi shea butter menggunakan metode tradisional yang digunakan secara turun temurun. 

Shea butter merupakan rahasia kecantikan perempuan-perempuan di Afrika. Pendiri Body Shop, Dame Anita Roddick, menemukan rahasia kecantikan dari shea butter saat dia mengunjungi Ghana di tahun 1992 dan bertemu langsung para perempuan inspirasional yang memakainya.  

DIY Shea Butter untuk Rambut dan Kulit

Shea butter memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Manfaat yang paling penting dan menonjol adalah moisturizer. Butter yang diambil dari shea nuts ini sangat melembutkan dan melembapkan kulit, sangat cocok untuk mengatasi kulit kering, bibir pecah-pecah, dan kasar. Juga dapat mengatasi rambut yang kering. Berikut ini beberapa tips untuk memadukan shea butter dari Body Shop dengan berbagai bahan lainnya di rumah. 

Lip Scrub

Kamu hanya membutuhkan shea butter dan gula pasir. Ambil 1 sdm shea butter dan aduk rata dengan gula secukupnya. Kamu bisa mengaplikasikannya ke bibir menggunkana jari atau juga sikat gigi berbulu halus. Gunakan lip scrub ini setiap pagi atau sebelum menggunakan lipstik. 

Shower Cream

Punya kulit yang super kering? Atau kulit bertambah kering terutama usai manding? Buat saja shower cream sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah shea butter dari Body Shop, Almond Milk & Honey Shower Cream, Coconut Shower Cream, Wild Argan Oil atau Olive Shower Gel atau Tea Tree Body Wash. 

Caranya campurkan sedikit shea butter dengan shower gel kesukaanmu. Lalu, aduk hingga merata dan siap untuk digunakan. Usai mandi, kulit akan halus dan lembap.

Eksfoliasi Kulit 

Selain itu, Shabat Fimela juga dapat melakukan eksfoliasi kulit menggunakan new shea butter Body Shop. Tidak perlu menggunakan bahan lain. Kamu cukup mengoleskan sedikit shea butter di bagian dalam bath gloves. Eksfoliasi kulit dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat Shea Butter melembapkan kulit baru. Untuk hasil terbaik, pakailah 2-5 kali per minggu.

Masker Rambut

Rambut yang terlalu sering terpapar sinar matahari, atau kerap menggunakan heat styler, biasanya akan menjadi kering, bercabang, kusut, dan kasar. Untuk mengatasinya, Sahabat Fimela dapat mengguankan new shea butter Body Shop. Shea butter ini dapat dicampur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, minyak argan, atau minyak castor. Aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 15-20 menit sebelum keramas. 

Solid Perfume

Kini, tidak perlu lagi repot memindahkan parfum ke dalam spray bottle kecil jika bepergian ke luar negeri. Karena, kamu bisa membuat solid perfume sendiri di rumah menggunakan 10 tetes perfume oil dari Body Shop dan new shea butter. Aduk hingga rata, dan simpan di dalam wadah tertutup sebagai solid perfume. 

Moisturising Lip Tint

Tidak ingin kulit bibir chapped saat menggunakan lip tint? Campurkan sedikit lip tint kesayanganmu dengan seperempat sendok new shea butter Body Shop. Aduk hingga merata dan aplikasikan pada bibirmu yang sudah tereksfoliasi dengan lip scrub yang baru saja kamu buat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading