Sukses

Beauty

Mengenal Lebih Jauh Perawatan Kecantikan Perempuan India

Fimela.com, Jakarta Perawatan kulit alami, kini tengah menjadi tren kecantikan yang banyak dicari para perempuan. Perawatan alami dan organik memiliki akar di berbagai negara, terutama India.

Bagi banyak perempuan di India, perawatan kulit lebih dari sekedar mencuci wajah dan menggunakan krim. Melainkan sudah menjadi gaya hidup bagi perempuan di sana.

Dilansir dari Huffpost.com, perempuan-perempuan keturunan India, berbagi formula kecantikan yang telah teruji.

Kecantikan dimulai dari dalam dan luar, Michelle Ranavat, pendiri Ranavat Botanics, mengatakan bahwa perempuan India memperhatikan apa yang mereka gunakan di kulit mereka serta apa yang mereka makan.

Bahkan, memperhatikan kualitas tidur dan menjaga tingkat stres rendah. Pendekatan ini berakar pada ayurveda, sebuah sistem pengobatan yang telah digunakan oleh orang-orang di India selama ribuan tahun. Dalam pengobatan ayurveda, pikiran dan tubuh sangat terhubung. Ayurveda menekankan pada penggunaan kebiasaan gaya hidup positif dan solusi alami untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah serta mengobati penyakit.

Dalam ritual kecantikan India, obat-obatan alami yang terbuat dari bahan baku mentah, seringkali organik cukup umum, kata Nina Davuluri, perempuan India-Amerika pertama yang dinamai Miss America dan salah satu pendiri merek perawatan kulit Aavrani. Dia menyebutkan bahwa saat tumbuh dewasa, ia pertama kali diperkenalkan dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa, neem dan kunyit sebagai bahan pokok dapur, tetapi kemudian mengetahui bahwa mereka dapat digunakan untuk kecantikan dan perawatan kulit.

"Saya tumbuh dengan nenek saya meletakkan minyak kelapa di rambut saya dan ibu saya membuat masker kunyit DIY untuk saya dan saudara perempuan saya," katanya.

Perawatan kulit yang dibuat dengan kunyit dan mawar

Salah satu bahan yang dikutip oleh keempat wanita itu sebagai bagian penting dari kecantikan India adalah kunyit. Seperti yang dicatat Davuluri, kunyit adalah anti-inflamasi yang dikatakan bermanfaat bagi sistem pencernaan dan kesehatan kulit. Dia menambahkan bahwa kunyit dapat membantu meratakan warna kulit dengan hiperpigmentasi, membantu jaringan parut dan mengurangi tampilan jerawat.

Kunyit juga dapat membantu dengan kecerahan kulit, menurut Ranavat, yang merupakan salah satu alasan penggunaannya dalam upacara pernikahan tradisional India. Orang-orang akan menggosokkan pasta yang dibuat dengan kunyit dan bahan-bahan lain ke pengantin untuk mencerahkan kulit mereka sebelum hari pernikahan, kata Ranavat.

Bahan lain yang populer digunakan dalam perawatan kecantikan alami adalah mawar atau air mawar, yang dikenal menenangkan. Namrata Soni, seorang penata rias yang berbasis di Mumbai, mengatakan dia menggunakan campuran air mawar dan bubuk chandan (cendana) merah di wajahnya setidaknya sekali seminggu. Shailja Vashisht, blogger kecantikan di balik A Bride Everyday, mengatakan air mawar juga dapat digunakan untuk membuat krim tangan buatan sendiri dan untuk pedikur di rumah.

Minyak Rambut

Minyak rambut adalah prioritas pertama bagi perempuan India. Perawatan rambut dimulai pada usia yang sangat muda, katanya, menambahkan bahwa gadis-gadis sekolah di India harus menjaga rambut mereka dikepang dan sebagian besar dari mereka memiliki minyak di dalamnya.

Menurut Ranavat, minyak amla adalah pilihan populer untuk rambut, seperti halnya kembang sepatu. Davuluri, yang keluarganya berasal dari India selatan, menunjuk minyak kelapa selalu digunakan. Sebab sangat baik untuk melindungi rambut dari sengatan matahari dan panas, iklim lembab di India.

Ketika mewarnai rambut, Vashisht mengatakan banyak perempuan India membuat pasta menggunakan seperti jus bit, kopi atau teh dan mengoleskannya ke rambut.

Riasan Mata

"Kami memiliki mata yang sangat ekspresif, kami selalu berusaha menonjolkannya, selalu berusaha membuat mata terlihat lebih besar," ujar Soni.

Item riasan paling populer yang digunakan perempuan India untuk mata mereka adalah kohl atau kajal. Menurut Ranavat, perempuan India biasa membuat kohl mereka sendiri di rumah dengan mencelupkan bola kapas ke wadah dan menyalakannya untuk membuat api. Kemudian, akan menutupi api dengan timah logam, yang menyebabkan jelaga berkembang. Jelaga itu adalah apa yang perempuan gunakan untuk kohl atau kajal eyeliner.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Sifat Cancer yang Melekat Erat di Diri Priyanka Chopra
Artikel Selanjutnya
Seksinya Priyanka Chopra Menari Pakai Dress Mini Merah di Pesta Ultah ke-37