Sukses

Beauty

Malas Keramas Terlalu Sering? Trik Ampuh Rambut Anti Lepek

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya tidak ada cara yang benar untuk mencuci rambut. Mencuci rambut terlalu sering, selain memakan banyak waktu, juga dapat menghilangkan minyak alami, serta mengeringkan kulit kepala.

Pada akhirnya, kulit kepala akan memproduksi minyak berlebih, membuat rambut mudah lepek, berminyak, dan kotor. Dilansir dari huffpost.com, Kamis (4/4/2019), rambut seharusnya dicuci menggunakan sampo dan kondisioner satu sampai dua kali dalam seminggu.

Jika kamu ingin mulai merawat rambut, cobalah perpanjang jarak mencuci rambut dari satu waktu ke waktu lainnya. Kamu bisa membilas rambut dengan air saja, tanpa sampo di antara rentang waktu yang ada.

Bagi kamu yang sering mencuci rambut, mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk membiasakan diri. Setelah beberapa minggu, rambut akan terlihat dan terasa lebih sehat.

Untuk rambut yang diwarnai, warnanya akan bertahan lebih lama. Masih tidak yakin? Simak di sini beberapa langkah untuk membuat rambut anti lepek.

1. Gunakan sampo klarifikasi 1 sampai 2 kali dalam seminggu

Karena kamu hanya boleh membersihkan rambut satu sampai dua kali dalam seminggu, pastikan bahwa pembersihannya menyeluruh. Sampo klarifikasi akan menghilangkan semua kotoran, berupa penumpukan produk dari rambut.

Namun ingat bahwa sampo klarifikasi adalah produk yang kuat, jadi jangan menggunakannya lebih dari dua kali dalam seminggu. Jika harus mencucinya lebih dari dua, ganti dengan produk sampo biasa.

2. Gunakan kondisioner yang melembapkan 1 sampai 2 kali dalam seminggu

Sebagian besar minyak terkumpul di bagian atas kepala, namun tidak pernah sampai ke ujung rambut. Saat membersihkan kulit kepala secara mendalam, gunakan kondisioner yang memiliki manfaat melembapkan di bagian ujung rambut.

3. Menyikat rambut secara teratur menggunakan sikat bulu babi

Menyikat rambut secara teratur menggunakan sikat bulu babi akan membantu mendistribusikan minyak alami dari kulit kepala ke seluruh bagian rambut.

 

Menggunakan sarung bantal berbahan sutra

4. Gunakan sarung bantal berbahan sutra

Tidur di atas sarung bantal berbahan sutra tidak hanya baik untuk kulit, namun juga mengurangi gesekan pada rmabut. Bahan sutra dapat mencegah kerusakan dan menjaga helaian rambut tetap halus.

5. Menggunakan topi mandi

Kecuali jika kamu bisa mandi tanpa mencipratkan air ke rambut, topi mandi harus digunakan untuk menjaga rambut tetap kering.

6. Mengikat rambut dengan ikat spiral

Ikat rambut spiral sangat nyaman dan membuat tatanan rambut updo tetap aman, tidak akan menimbulkan kerutan pada rambut.

7. Menyemprot akar menggunakan dry shampoo

Ketika rambut terlihat sedikit berminyak, semprotkan sedikit dry shampoo pada bagian akar untuk membuat rambut tetap bertahan hingga saatnya dicuci.

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Lokasi di Jakarta akan Padamkan Lampu di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021