Sukses

Beauty

Dukung Passion Makeup Artist Indonesia, NIVEA Hadirkan NIVEA #XPERT Squad

Fimela.com, Jakarta Makeup Artist (MUA) menjadi salah satu profesi yang tengah digandrungi dan berkembang pesat di Indonesia. Bahkan, cukup banyak anak muda yang mulai menekuni pekerjaan ini sejak masih duduk di bangku kuliah. Selain memberikan pundi-pundi uang, para makeup artist ini juga ingin menjalani pekerjaan yang sesuai dengan passion mereka.

Melihat tren perkembangan profesi makeup artist tersebut, brand Makeup Care Expert NIVEA, meluncurkan NIVEA #XPERT Squad. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para makeup artist berbakat agar bisa semakin berkembang dan mampu menghadapi tantangan-tantangan yang ada.

"NIVEA sebagai Makeup Care Expert, melihat beauty trend di Indonesia sangat berkembang. Kami melihat banyak sekali bakat dari makeup artist muda di daerah dan perlu kita dukung. Karena kalau enggak didukung takutnya sulit bagi mereka untuk terus berlanjut dan akhirnya berhenti. Akhirnya, kita coba untuk mendukung dan memotivasi mereka," ujar Marketing Manager NIVEA Skin Care, Diana Riaya, dalam acara NIVEA Playstudio bersama Bubah Alfian dan NIVEA #XPERT Squad, di Dia.Lo.Gue Artspace, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2019).

 

Guna menjangkau para MUA berbakat yang ada di berbagai daerah, NIVEA bersama NIVEA Makeup Expert, Bubah Alfian, mengadakan rangkaian kegiatan Xpert Makeup Class. Mereka berkeliling ke tujuh kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Manado, dan Makassar.

Diana mengatakan, setiap Xpert Makeup Class diikuti oleh lebih kurang 100 orang peserta. Namun, dari sekian banyak peserta hanya dipilih sembilan peserta paling berbakat untuk menjadi NIVEA #XPERT Squad. Mereka adalah Lorita Young (Medan), Yessi Nurul Fadlina Lubis (Jakarta), Andi Nur Asyifa Baso (Serang), Asri Amongpradja (Bandung), Ima Baharun (Semarang), Nina Chen (Surabaya), M. Adib Satria Negara (Balikpapan), Astrid Pakaya (Manado), dan Lisa Wijaya (Makassar).

Kesembilan orang tersebut kemudian berkesempatan mengikuti serangkaian kegiatan beauty workshop yang diselenggarakan di Jakarta pada 26 - 27 Maret 2019. Di kegiatan ini mereka bisa belajar langsung tentang teknik makeup dan makeup photography class bersama para ahli.

Pada hari pertama, seluruh peserta mengikuti sharing session bersama NIVEA Makeup Xpert Bubah Alfian, fotografer Rio Motret, dan MUA Gyanda Agtyani. Mereka belajar tentang self-marketing, social relations dengan klien dan fotografer, cara mempertahankan kualitas, serta tren makeup.

 

Soal self-marketing, Gyanda menjelaskan tentang pentingnya memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan jasa MUA. Menurutnya, media sosial merupakan media yang sangat efektif untuk menarik klien.

"Kita diuntungkan dengan adanya media sosial, jadi kita harus memaksimalkannya. Media sosial itu sebagai tempat kita promosi, memasang portofolio," ucap Gyanda.

Lebih lanjut, ia menjelaskan tentang pentingnya pengaturan konten dalam akun Instagram. Gyanda mengatakan, untuk meningkatkan engagement dengan followers, seorang MUA bisa memvariasikan isi feed Instagram-nya. Tak hanya berisi foto hasil riasannya, tetapi juga konten lain yang menarik agar followers tak merasa bosan.

Rio Motret juga memiliki pendapat serupa. Pemilik akun Instagram dengan pengikut berjumlah 2,5 juta orang ini menyarankan para MUA untuk memvariasikan isi kontennya dengan foto detail riasan. Misalnya, detail riasan di mata atau bibir secara close up.

Selain berbagi tips soal isi konten Instagram, Rio juga berbagi saran kepada para MUA tentang cara menjalin kerja sama yang baik dengan fotografer. Ia mengatakan, MUA dan fotografer juga perlu punya chemistry agar dapat saling membantu satu sama lain.

"Kalau MUA dan fotografer chemistry-nya sudah dapat, fotografer bisa memotret dan mengedit dengan sangat cepat. Salah satu hambatan yang biasa aku dapat adalah MUA membuat riasan yang susah diedit. Misalnya, foundation menempel di rambut atau bulu mata palsu tidak menempel dengan bulu mata asli jadi arahnya terlihat berbeda," kata Rio.

Sementara itu, Bubah Alfian berbagi tentang cara mempertahankan kualitas hubungan dengan klien serta tentunya tren makeup terkini. Menurutnya, tren tahun ini mengacu pada makeup Hollywood. Selain itu, warna seperti cokelat terang dan fuschia juga akan menjadi tren. Tak ketinggalan, ia juga membahas tentang tren perawatan kulit.

"Perubahan yang cukup signifikan tercermin dari tampilan kulit. Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna, dibutuhkan kulit yang sehat dan bersih, karenanya langkah paling penting yang seharusnya dilakukan adalah perawatan kulit," ujarnya.

Salah satu produk perawatan kulit yang disarankan oleh Bubah adalah NIVEA MicellAir XPERT Skin Breathe. Produk ini mampu membersihkan makeup secara efisien tanpa residu. Selain itu, kandungan ekstrak Black Tea, Blackberry, dan Blackcurrant yang ada di dalamnya pun dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Kulit yang lembap dan bebas bernapas bisa dikreasikan secara maksimal dan menampilkan hasil makeup terbaik.

Terakhir, Bubah memberi pujian kepada para NIVEA #XPERT Squad yang dianggapnya sangat berbakat. Dirinya pun berharap mereka dapat membawa pulang ilmu yang didapat dan berkarya di daerahnya masing-masing.

 

Reporter: Cahyu Cantika Amiranti

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading