Sukses

Beauty

Alasan Tabir Surya Bisa Langsung Masuk ke Aliran Darah

Fimela.com, Jakarta Tabir surya kimia telah menjadi fokus pengawasan publik dalam setahun terakhir. Pada Mei 2018, Hawaii melarang semua penggunaan tabir surya kimia yang dianggap berbahaya bagi terumbu karang.

Diikuti pada bulan Februari 2019, Key West melarang penjualan setiap dan semua tabir surya yang mengandung oxybenzone atau octinoxate. Dua bahan tersebut terkait dengan pemutihan karang.

Kali ini, pengawasan publik terhadap tabir surya meluas pada aliran darah manusia. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal medis JAMA, bahan-bahan tertentu yang umum ditemukan dalam tabir surya kimia hanya membutuhkan satu hari penggunaan saja untuk dapat memasuki aliran darah pada tingkat yang cukup tinggi, seperti dilansir dari newbeauty.com, Jumat (10/5/2019).

Β 

Benarkah penggunaan tabir surya kimia dapat masuk ke dalam aliran darah?

Beberapa bahan yang dipelajari, yaitu avobenzone, oxybenzone, ecamsule, dan octocrylene. Konsentrasi darah dari bahan-bahan tersebut dapat terus meningkat seiring penggunaan sehari-hari dan akan menetap di aliran darah setidaknya dalam 24 jam setelah penggunaan tabir surya.

Namun, para ahli tetap menyarankan untuk menggunakan tabir surya secara rutin. Di dunia nyata, banyak orang tidak mengaplikasikan tabir surya dengan takaran yang seharusnya dan tidak mengaplikasikan ulang setiap 2 jam sekali, sehingga masalah penyerapan ke dalam kulit ini masih harus diteliti lebih lanjut.

Menurut penelitian yang ada, manfaat pemakaian tabir surya untuk melindungi kulit terhadap penyakit kanker dan penuaan dini, melebihi potensi risikonya. Jika kamu masih ingin menggunakan tabir surya kimia, pilihlah mineral yang mengandung seng oksida atau yang dikombinasikan dengan titanium dioksida.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Tidak Membuat Sendiri Sunscreen di Rumah
Artikel Selanjutnya
Lebih Efektif Mana, Mengaplikasikan Tabir Surya Sebelum atau Sesudah Pelembap?