Sukses

Beauty

Apakah Micellar Water Bisa Menggantikan Pembersih Wajah? Ini Pendapat Ahli

Fimela.com, Jakarta Tren 10 steps skin care ala Korea Selatan sempat booming dan menjadi kegiatan rutin banyak perempuan. Namun, untuk sebagian orang justru metode ini tidak menimbulkan efek yang diharapkan, bahkan ada juga yang mengalami masalah kulit seperti iritasi. Efek samping yang ditimbulkan ini akhirnya mendorong kemunculan tren skin care baru bernama skip skin care. Metode ini mengedepankan dasar-dasar utama dari perawatan kulit sehingga tak perlu lagi merasa lelah atau malas merawat kulit wajah.

Dengan memangkas beberapa produk. mungkin akan menimbulkan beberapa manfaat untuk kulit kamu, misalnya tidak banyak zat kimia yang masuk ke dalam kulit. Namun, bagaimana dengan menggunakan satu produk untuk menggantikan fungsi produk lainnya, sehingga dapat memaksimalkan waktu perawatan kulit? Sebagai contoh, apakah micellar water bisa digunakan untuk menggantikan cleanser?

Baca juga: Skip Care vs 10 Steps Skin Care, Mana yang Jadi Pilihan kamu?

2 dari 3 halaman

Kegunaan Micellar Wate

Membersihkan wajah hanya menggunakan micellar water memang sangat mudah dan efektif. Selain berguna untuk membersihkan area wajah, micellar water juga mampu membersihkan makeup mata dan bibir sekaligus. Hal ini disebabkan oleh partikel minyak yang berukuran ultra kecil dalam micellar water dapat bereaksi sebagai pembersih wajah jika bertemu benda-benda seperti kotoran dan makeup.Selain sebagai pembersih, partikel micelles juga mengunci kelembapan pada kulit sehingga meninggalkan hasil akhir kulit terhidrasi. Dibandingkan pembersih berbasis alkohol, micellar water lebih aman digunakan karena tidak mengikis kelembapan kulit. Menurut Dermatologis asal New York, Rachel Nazarian, memilih untuk membersihkan wajah hanya dengan menggunakan micellar water dapat dilakukan asalkan kamu tidak menggunakan makeup.

Dr. Debra Luftman yang juga seorang dermatolog menambahkan, membersihkan wajah dengan menggunakan micellar water saja mungkin bisa dilakukan sesekali jika memang kamu sedang bepergian dan ingin membawa barang yang lebih ringan. Namun, lebih baik jika micellar water tidak dijadikan satu-satunya pembersih tanpa diikuti dengan produk pembersih lainnya, terlebih lagi jika kamu menggunakan makeup cukup tebal. Micellar water dapat tertingal di kulit kamu dan menutup kulit, sehingga produk lain tak dapat menyerap secara efektif pada kulit kamu. Untuk itu, Nazarian merekomendasikan agar tetap menggunakan pembersih wajah lainnya untuk membersihkan sisa micellar water agar mencegah pori-pori tersumbat.

Baca Juga: Rekomendasi Micellar Water dari Brand Lokal yang Bebas dari Kandungan Alkohol. Mana yang Ingin kamu Coba?

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Pose Yoga yang Dapat Membuat Rambutmu Sehat
Artikel Selanjutnya
Kebiasaan Tidur Malam yang Tanpa Disadari Dapat Merusak Rambut