Sukses

Beauty

Sering Menggunakan Hot Tools Bersuhu Tinggi? Waspada Alami Bubble Hair!

Fimela.com, Jakarta Selain mempercantik tampilan luar seseorang, rambut memiliki peranan penting untuk melindungi kepala dari kotoran yang dapat menempel ke kulit kepala secara langsung. Untuk itu, merawat sekaligus menata rambut perlu dilakukan agar rambut senantiasa sehat dan indah.

Salah satu yang sering digunakan perempuan untuk menata rambut agar tampak indah adalah dengan menggunakan alat pengering rambut (hair dryer) dan alat catok (flat iron). Keduanya membuat rambut terasa panas dan dapat menimbulkan beberapa masalah. Salah satunya adalah bubble hair atau rambut gelembung. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu bubble hair, mari simak artikel berikut ini.

Apa itu Bubble Hair?

Bubble hair atau gelembung rambut merupakan kondisi rambut yang rusak akibat panas yang ditimbulkan oleh penggunaan alat kecantikan seperti hair dryer dan flat iron pada rambut yang basah. Rambut yang panas akan menyebabkan air dalam serat rambut mendidih dan mengembang. Uap dari rambut tersebut kemudian akan terperangkap di bawah kutikula rambut (dalam korteks dan membran kutikula), sehingga menyebabkan retakan dan lubang pada kutikula dan serat rambut. Jika hal ini terjadi, serat rambut akan melemah dan membuat rambut menjadi kering dan rapuh.

Cara Mengatasi Bubble Hair

1. Hindari menggunakan hot tools terlalu sering

Menggunakan hot tools seperti hair dryer, flat iron atau curling iron terlalu sering dapat membuat rambut semakin rusak. Terlebih lagi jika menggunakannya pada saat rambut sedang basah. Hal ini akan merusak folikel rambut yang kemudian dapat membuat rambut menjadi rapuh.

2. Atur suhu hot tools

Pastikan untuk mengontrol alat catok atau pengering rambutmu dalam suhu yang rendah atau medium. Alih-alih ingin menghemat waktu, menggunakan hot tools dengan suhu maksimal justru akan membuat rambut jadi rusak. Sebaiknya, gunakan dalam suhu medium terutama jika rambut kamu tipis dan mudah rapuh.

3. Gunakan pelembab untuk rambut

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kelembapan rambut. Gunakan sampo, kondisioner, atau produk penata rambut yang dapat memenuhi kelembapan rambut kamu. Dikutip dari naturallycurls.com, Fransesca Fusco, seorang dermatolog asal Manhattan menganjurkan untuk menggunakan kondisioner setiap kali keramas. Pastikan juga untuk menggunakan heat protector serum sebelum menggunakan heat styling agar rambut terlindungi dari suhu tinggi secara langsung.

Memperbaiki rambut rusak seperti bubble hair mungkin tak mudah dilakukan, namun setidaknya kamu dapat mencegah dan meminimasilir dengan mengikuti cara-cara di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Jika Salah Satu dari 5 Tanda Berikut Pernah Dialami, Mungkin Ini Saatnya untuk Mengganti Alat Catok

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless wth FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Layering Bagi Sahabat Fimela yang Menggunakan Berbagai Jenis Serum
Artikel Selanjutnya
Aturan Mengaplikasikan Makeup untuk Pemilik Kulit Acne-Prone