Sukses

Beauty

Masalah Kulit yang Biasanya Muncul Ketika Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Bangun tidur dengan kulit sehat dan dalam kondisi yang bebas masalah adalah impian setiap orang. Namun, realita terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Terkadang ada kalanya, kamu bangun dengan sedikit “kejutan” karena kulit wajah menunjukkan tanda yang tidak beres pada kulitmu. Bangun pagi dengan kondisi kulit yang bermasalah tak jarang bisa membuat bad mood seharian dan hal ini tentu dapat mengganggu aktivitasmu. Berikut beragam masalah kulit yang biasanya muncul ketika bangun tidur dan cara mengatasinya:

Lingkar hitam pada mata

Lingkaran hitam di sekitar mata adalah salah satu masalah kulit yang banyak dialami oleh para perempuan. Selain dipengaruhi oleh masalah genetik dan gaya hidup yang kurang tepat seperti kurang tidur, merokok dan konsumsi alkohol, dark circle juga bisa disebabkan karena perawatan kulit yang kurang tepat serta kurangnya asupan beberapa nutrisi seperti zat besi atau vitamin E, lho. Saat kamu terlelap, kulit bisa kehilangan kelembapan. Karenanya, untuk menghindari dan mengatasi lingkaran hitam pada mata, tak hanya ditutupi dengan makeup, kamu juga perlu membenahi gaya hidup dengan memiliki waktu tidur yang cukup serta menggunakan produk perawatan yang tepat secara rutin pada malam hari.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Berbagai Tipe Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Terlalu berminyak

Salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami saat bangun tidur adalah kondisi kulit yang terlalu berminyak. Meski memiliki tipe kulit yang cenderung berminyak, kondisi kulit yang terlalu berminyak saat bangun tidur bisa membuat kamu merasa tidak nyaman serta membuat wajah tampak kusam. Penyebab dari kondisi ini juga bisa bermacam-macam, mulai dari kesalahan membersihkan wajah, kesalahan penggunaan pelembap hingga suhu ruangan yang terlalu panas. Untuk mencegah terjadinya masalah kulit ini, pastikan kamu sudah menggunakan produk skin care secara tepat dan sesuai dengan tipe kulit. Selain itu, hindari membersihkan dan mengeksfoliasi kulit secara berlebihan.

Baca Juga: Ini Berbagai Tanda Pelembap yang Digunakan Tidak Sesuai dengan Kulit Wajah

Kulit kusam

Bangun tidur dengan wajah yang tampak kusam mungkin bisa mengganggu mood sepanjang hari dan membuatmu menjadi tidak percaya diri. Kondisi kulit yang tampak kusam bisa disebabkan karena beragam faktor, mulai dari paparan sinar matahari, polusi dan radikal bebas, hingga kesalahan dalam merawat wajah. Penumpukan sel kulit mati akibat polusi dan malas melakukan eksfoliasi wajah secara rutin merupakan salah satu penyebab utama wajah yang tampak kusam di pagi hari saat kamu bangun tidur. Atasi permasalahan kulit ini dengan rutin melakukan eksfoliasi, membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur dan juga membenahi gaya hidup.

Baca Juga: Hindari Kulit Kusam, Berikut Tips Perawatan Kulit yang Bisa Diikuti Jika Rutin Berkendara Motor

Mata sembap

Tak hanya kondisi psikologis saja yang bisa mengalami stres, kulit juga menunjukkan beberapa tanda ketika mengalami kelelahan salah satunya saat kamu mengalami puffy eyes. Kulit di area sekitar mata memang lebih sensitif dan seringkali mengalami masalah yang bisa mengganggu penampilan. Puffy eyes atau kantung mata yang menghitam bisa disebabkan karena produk krim mata yang kurang tepat, alergi, iritasi akibat produk kecantikan hingga salah satu tkamu dari penuaan dini. Selain mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti konsumsi alkohol dan merokok, untuk mengatasinya mata sembap kamu bisa secara rutin menggunakan produk perawatan yang tepat, seperti krim mata, pelembab hingga masker khusus untuk kulit di area bawah mata.

Baca Juga: Dalam Memilih Krim Mata, Ini Dia 5 Jenis Kandungan yang Perlu Dicari

Jerawat atau bruntusan

Munculnya jerawat baru atau breakout saat bangun tidur mungkin membuatmu merasa kesal. Selain terjadi karena kurang disiplin membersihkan wajah sebelum tidur, jerawat atau breakout yang muncul di pagi hari bisa disebabkan berbagai faktor lain seperti, sarung bantal yang kotor, kebiasaan makan di atas tempat tidur di malam hari, dan juga kondisi rambut yang kotor saat tidur. Karenanya, selain harus rajin membersihkan wajah dan menghindari kebiasaan tidur dengan makeup yang belum dibersihkan, rawat kulit wajah sebelum tidur dengan produk yang tepat seperti overnight treatment dan sleeping mask. Membersihkan dan melakukan perawatan kulit secara rutin di malam hari akan membantu mengembalikan kelembapan kulit, membantu proses regenerasi sel kulit dan mencegah jerawat ketika bangun pagi.

Baca Juga: Jerawat Terus Muncul di Area yang Sama?Coba Cek, Bisa Jadi 5 Hal Ini Yang Jadi Penyebabnya

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sejuknya Menyantap Sajian Lezat di Restoran Tengah Kota Bernuansa Taman
Artikel Selanjutnya
Menikmati Indahnya Natal dan Tahun dengan Sajian Lezat di Jakarta