Sukses

Beauty

5 Kesalahan Membersihkan Makeup Mata yang Sebaiknya Dihindari

Fimela.com, Jakarta Mulai dari eyeliner, eyeshadow, hingga pensil alis, ada banyak produk makeup yang digunakan para wanita untuk mempertegas dan memberikan aksen manis pada area mata. Serupa dengan makeup wajah lainnya, makeup pada area mata pun harus dibersihkan secara maksimal agar tidak menimbulkan dampak negatif. Namun, cara membersihkannya juga harus diperhatikan, agar kamu tidak melakukan lima kesalahan dalam membersihkan riasan mata berikut ini.

1. Menggosok terlalu kencang

Kulit pada area mata cenderung lebih sensitif dan memiliki tekstur yang lebih tipis dibandingkan area wajah lainnya. Bila kamu kerap membersihkannya dengan gosokan yang kencang, kulit pada area ini akan menjadi lebih mudah berkeriput atau mengalami iritasi. Untuk mencegah hal ini, kamu sebaiknya membersihkan makeup menggunakan cleansing oil yang mudah meluruhkan makeup waterproof. Atau, jika kamu lebih suka membersihkannya dengan kapas dan makeup remover, pastikan kapas yang digunakan terasa basah sehingga tidak kesat saat diusap pada area mata.

2. Tidak menggunakan produk khusus

Meskipun sudah mempunyai makeup remover untuk wajah, tak ada salahnya untuk menyediakan produk remover yang khusus untuk area mata. Selain diformulasikan untuk mengangkat makeup waterproofseperi maskara dan eyeliner, eye makeup remover juga memiliki kandungan yang lebih lembut untuk area mata. Iritasi pada area mata dan kulit disekitarnya pun dapat dihindari.

Baca juga: Hati-hati! 3 Kesalahan dalam Membersihkan Wajah ini Bisa Memicu Breakout

2 dari 3 halaman

Kesalahan membersihkan makeup lainnya

3. Salah gerakan

Selain menghindari tekanan yang terlalu kencang, kamu juga perlu memerhatikan arah gerakan saat membersihkan makeup mata. Usahakan untuk membersihkan makeup secara satu arah dan hindari gerakan bolak-balik karena dapat mengiritasi mata dan menyebabkan kerontokan pada bulu mata. Lebih baik, bersihkan makeup dari area inner corner ke arah luar. Lalu bersihkan maskara dari gerakan atas ke bawah.

Baca juga: Sering Tidur Tanpa Membersihkan Makeup? Ini Dampaknya Bagi Kulit Menurut Ahli Dermatologi!

4. Tidak membilas makeup remover

Eye makeup remover dengan kandungan minyak dapat membantu meluruhkan makeup yang bersifat waterproof. Namun, jenis makeup remover tersebut akan meninggalkan residu minyak pada pada kulit. Residu ini berpotensi menyumbat pori-pori atau masuk ke area mata. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan untuk selalu mencuci wajah setelah membersihkan makeup mata, ya!

Baca juga: 5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pemula Saat Membersihkan Makeup

5. Lupa membersihkan alis

Kesalahan membersihkan makeup mata lainnya adalah lupa membersihkan hingga ke area alis. Kebanyakan produk alis seperti brow pencil, brow pomade, dan brow gel bersifat wax-based sehingga akan melekat pada rambut alis dan kulit wajah. Nah, jenis produk ini tidak dapat dihapus hanya dengan pencuci wajah biasa. Maka itu, jangan lupa untuk membersihkan alis menggunakan oil-based makeup remover, ya!

Baca juga: 6 Trik Makeup yang Bisa Membuat Mata Kecil Terlihat Lebih Besar. Yuk, Coba!

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Memakai Primer untuk Hasil Maksimal Menurut Makeup Artist
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Produk Kecantikan dari Korea untuk Merawat Wajah yang Lelah