Sukses

Beauty

Bukan Cuma Tubuh, Alasan Kulit Kepala Juga Perlu Eksfoliasi

Fimela.com, Jakarta Kulit memang setiap hari memiliki sel-sel mati yang perlu diangkat. Jika tidak, kulit akan tampak kusam dan kasar. Salah satu caranya dengan melakukan eksfoliasi menggunakan scrub atau produk eksfoliator yang menggunakan bahan kimiawi. 

Ternyata, proses eksfoliasi ini juga penting untuk semua bagian kulit, termasuk kulit kepala. Kulit kepala ternyata tidak cukup hanya dengan membersihkannya menggunakan sampo atau cleansing conditioner. 

Selain membersihkan, eksfoliasi ini juga berfungsi untuk mengangkat kulit kepala yang kering sampai flaky atau terkelupas. Kadang, flaky scalp dikira ketombe. Namun, ini sebenarnya kulit kering yang mengelupas dan rontok seperti 'salju' yang jatuh di bahu. 

Selain itu, menurut trichologist David Adams, memiliki kulit kepala yang senantiasa bersih itu sangat penting. Karena, kulit kepala yang bersih akan membantu pertumbuhan rambut yang baik dan sehat. 

"Memiliki kulit kepala yang sehat dan bersih akan membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Juga membantu rambut menjadi lebih tebal dan bervolume," ungkapnya seperti dikutip dari Elle Magazine. 

Cara Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Ada berbagai produk scalp scrub yang lembut dan bisa kamu gunakan. Pilihlah scrub yang lebih halus dibandingkan dengan scrub untuk kulit tubuh. Karena, Style Craze menulis, kulit kepala lebih sensitif dan mudah terluka. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat scalp scrub sendiri di rumah menggunakan beberapa bahan dapur yang mudah untuk ditemukan. Bahan-bahannya adalah: 

4 sdm brown sugar

2 sdt minyak zaitun

1 sdt minyak kelapa

Campur semuanya dan aduk hingga merata seperti paste. Setelah itu, basahi rambut dan kulit kepala dengan air hangat agar pori-pori kulit kepala terbuka. Gunakan sampo seperti biasa untuk membersihkan kulit kepala dan rambut. 

Kemudian, scrub kulit kepala menggunakan bahan yang sudah kamu siapkan tadi dengan perlahan dan hati-hati. Jangan menggaruk kulit kepala menggunakan kuku karena ini bisa melukai kulitmu yang berharga. 

Pijat juga kulit kepala selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin untuk menutup kutikula. Aplikasikan conditioner seperti biasa dan bilas. Lakukan scalp scrub seminggu sekali, ya! Selamat mencoba!

Simak Video Berikut

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Detoks Kulit kepala, Cara Terbaik Menjaga Rambut Agar Tetap Sehat