Sukses

Beauty

Tips Menghilangkan Ketombe dari Ahlinya

Fimela.com, Jakarta Munculnya ketombe memang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Bagaimana tidak? Sudah gatalnya tak tertahankan, reruntuhan putih ketombe yang berjatuhan di area bahu pun kerap membuat penampilan jadi kurang maksimal. kamu tentu nggak mau jadi pusat perhatian karena masalah tersebut, kan? Meski sukar hilang, bukan berarti ketombe tidak bisa ditangani, kok! Agar permasalahan kulit kepala tersebut cepat lenyap, coba deh terapkan tips yang disarankan oleh para dermatolog ini!

1. Ketahui perbedaan kulit kepala kering dan ketombe

Seringkali apa yang dikira ketombe ternyata adalah kulit kepala yang kering. Mengutip Refinery29 saat mewawancarai dr. Melanie Palm, M.D., dermatolog sekaligus dokter bedah kulit asal San Diego ini mengatakan bahwa ketombe adalah kondisi kulit kepala yang mengalami inflamasi, sehingga menyebabkan munculnya pertumbuhan tidak normal dari jamur di permukaan kulit. Hal ini ditandai dengan kulit kepala yang pecah dan kering hingga iritasi yang cukup mengkhawatirkan.Sementara kulit kepala kering, kondisinya bisa saja terasa kencang dan gatal. Namun, umumnya tidak akan sampai mengelupas karena yang dibutuhkan oleh kulit kepala kering hanyalah perawatan yang dapat mengembalikan kelembapan, misalnya saja dengan menggunakan hair mask atau conditioner. Dr. Palm juga menambahkan bahwa memperbaiki gaya hidup dengan memanajemen stres, mandi dengan air hangat, serta menggunakan humidifier saat cuaca dingin dapat membantu memperbaiki kondisi kulit kepala yang berketombe.

2 dari 3 halaman

2. Pahami penyebab munculnya ketombe

Layaknya jerawat, munculnya ketombe juga tidak terpaku pada satu penyebab. Pada beberapa orang, munculnya ketombe bisa jadi dipengaruhi oleh faktor genetik, kebiasaan makan buruk, stress, cuaca yang labil, atau bahkan karena jamur Malassezia. Dengan memahami penyebab munculnya ketombe, kamu dapat menyesuaikan perawatan atau perilaku yang harus diubah untuk menghilangkan masalah tersebut.Apapun penyebab munculnya ketombe, dr. Howard Sobel selaku dermatolog asal New York menyatakan bahwa seseorang dapat meminimalisir terjadinya ketombe dengan menjaga hidrasi. Menjaga level hidrasi pada tubuh tentu saja tidak hanya dilakukan melalui penggunaan produk topikal. Menurut dr. Sobel, konsumsi air dan makanan yang memiliki tingkat hidrasi tinggi juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh, yang mana dapat juga berpengaruh pada kondisi kulit kepala.

3. Memperhatikan kandungan produk perawatan rambut

Menurut dr. Janet Prystowsky, menggunakan produk perawatan rambut (terutama sampo) yang mengandung tea tree oil dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menghilangkan ketombe. Namun, harus cermat dalam memilih produk yang tepat. Pasalnya, untuk menjaga efektivitas tea tree oil, konsentrasi di dalam produk perawatan rambut tidak boleh lebih dari 5%. Selain tea tree oil, dr. Palm juga mengungkapkan bahwa penggunaan bahan aktif seperti zinc pyrithione, salicylic acid, ciclopirox, dan ketoconazole dapat mengurangi iritasi sekaligus penumpukan kotoran di kulit kepala.

Baca juga: Rekomendasi Produk Hair Care untuk Atasi Rambut Berminyak

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Trik Makeup yang Membuat Mata Kecil Terlihat Lebih Besar, Yuk, Coba!
Artikel Selanjutnya
Metode Konmari ala Marie Kondo untuk Merapikan Produk Kecantikan