Sukses

Beauty

Tips Merawat Kulit Wajah untuk Kamu yang Gemar Berolahraga

Fimela.com, Jakarta Semua orang pasti tahu, berolahraga bukan hanya bagus untuk kesehatan fisikmu, tetapi juga kesehatan mental. Namun, bagaimana dengan efek olahraga terhadap kulit wajahmu yang berharga? 

Biasanya, kamu akan berkeringat usai olahraga, terutama setelah melakukan high impact work out. Memang, keringat itu akan diseka menggunakan anduk khusus sehingga keringat tidak akan menutupi pori-pori kulit. Namun, tidak semua orang memahami hal ini. 

Kerap kali kamu lupa untuk menyeka keringat dengan anduk khusus saat berolahraga. Sehingga, debu, kotoran, dan keringat yang bercampur bisa saja menempel pada kulit wajah. Apalagi jika kamu terbiasa untuk tidak langsung mencuci muka dengan baik setelahnya. 

Agar tidak tumbuh jerawat dan kulit wajahmu tetap terawat meski sering berolahraga, ternyata ada beberapa cara yang harus kamu ikuti, menurut Huffington Post. 

2 dari 3 halaman

Jangan Menggunakan Makeup

Banyak perempuan yang menggunakan makeup sebelum berolahraga karena penampilan tetap nomor satu. Namun, kalau bisa sebaiknya kamu sama sekali tidak menggunakan makeup ketika hendak pergi ke gym atau ruang terbuka untuk working out. 

Menurut seorang ahli bedah plastik dari Denver, Dr. Manish Shah, suhu tubuh akan naik ketika kamu berolahraga. Sehingga, pori-pori akan terbuka. Nah, ketika pori-pori terbuka, kuman dan sisa-sisa makeup bisa masuk ke dalam sana dan akan sulit untuk membersihkannya. 

 

Gunakan Handuk Terpisah

Jangan sembarangan menggunakan handuk untuk menyeka wajah pada saat berolahraga. Gunakan handuk khusus yang kamu bawa sendiri dari rumah. Pasalnya, kamu tidak akan tahu apa yang digunakan pihak gym pada saat mencuci handuk kecil yang mereka sediakan. 

Detergen yang digunakan bisa saja terlalu keras dan mengakibatkan reaksi alergi terhadap kulit wajahmu. Jadi, paling tepat adalah menggunakan handuk khusus untuk wajah pada saat ngegym dari rumah. 

3 dari 3 halaman

Ikat Rambut

Selain itu, pastikan kamu menguncir atau mengikat rambut ke atas. Sehingga rambut tidak akan menyentuh area wajahmu. Keringat dan juga minyak alami yang ada pada wajah, serta produk perawatan rambut yang menempel pada kulit wajah juga bisa menyumbat pori-pori kulit. 

Selain diikat, pakai juga headband yang menyerap keringat. Sehingga, keringat yang mengucur dari kepala tidak akan jatuh pada kulit area wajah. 

Dengan cara ini, kulit wajahmu akan selalu terwat dan terjaga dari minyak, kotoran, dan keringat yang dapat menyumbat pori-pori wajah selama melakukan olaharaga. 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sapu Tangan Korea, Langkah Perawatan Kulit yang Ramah Lingkungan
Artikel Selanjutnya
3 Makanan Terbaik untuk Lembapkan Kulit Kering dari Dalam