Sukses

Beauty

5 Jenis Bunga yang Banyak Ditemukan dalam Kandungan Produk Skin Care

ringkasan

  • Bunga kamomil memiliki khasiat anti-fungal, antibacterial, antiseptic, serta kandungan anti-oksidan
  • Lavender bersifat antiseptic dan anti-inflammatory, serta bersifat cytopullatic

Fimela.com, Jakarta Tak hanya cantik dilihat, bunga juga dikenal menyimpan sederet manfaat untuk kecantikan. Pasti Sahabat Fimela pun sudah sering melihat produk skin care dengan kandungan bunga, bukan? Nah, kalau membahas penggunaan bunga sebagai kandungan skin care, besar kemungkinan bunga yang pertama terpikirkan adalah mawar. Berkat kandungannya yang bersifat anti-fungal, antibacterial, dan anti-inflammatory, mawar kerap menjadi primadona dalam banyak produk skin care, baik dalam bentuk kelopak mawar, rose oil, maupun rose water. Namun, tak hanya bunga mawar saja lho yang bisa kamu temukan dalam skin care. Yuk, intip bunga lainnya yang bermanfaat untuk kulit kamu di sini!

1. Chamomile

Nama chamomile atau atau kamomil mungkin identik dengan teh. Nyatanya, bunga yang satu ini telah sejak lama digunakan untuk keperluan medis di Mesir, Roma, dan Yunani, lho! Bunga kamomil memiliki khasiat anti-fungal, antibacterial, antiseptic, serta kandungan anti-oksidan, yang membuatnya menjadi kandungan tepat untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat hingga iritasi. Selain itu, bunga kamomil juga kaya akan azulene yang bekerja efektif sebagai anti-infmalasi dan memiliki kemampuan melembapkan yang akan membantu merawat kulit kering.

Sakura dan Levender

2. Sakura

Bunga asal Jepang yang waktu mekarnya selalu dinanti-nanti ini cukup sering ditemukan pada produk skin care. Apa saja sih manfaatnya? Rupanya, bunga sakura kaya akan anti-oksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari dan polusi. Namun tak hanya itu saja, bunga merah muda ini juga mengandung essential acids yang dapat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak serta membuat rona kulit tampak lebih cerah, memiliki khasiat anti-inflammatory, dan memiliki manfaat anti-aging. Lengkap!

Baca juga: Tak Hanya Jepang, Keindahan Bunga Sakura Juga Bisa Disaksikan di 4 Negara Asia Ini

3. Lavender

Lavender identik dengan sensasi menenangkan dan memberikan efek relaksasi, sehingga kerap digunakan sebagai bahan utama lilin, aromaterapi, hingga perawatan spa. Namun, bunga ungu ini juga menyimpan manfaat lainnya untuk kulit. Selain bersifat antiseptic dan anti-inflammatory, lavender bersifat cytopullatic, yang artinya kandungannya akan membantu mendorong regenerasi sel, sehingga dapat digunakan untuk merawat luka, kerutan, hingga stretch marks. Kelopak bunga lavender juga memiliki manfaat mencerahkan pada kulit saat digunakan dalam produk skin care.

Bunga yang Lainnya

4. Calendula

Nama calendula mungkin sudah cukup sering kamu dengar dalam produk skin care. Bunga yang satu ini telah dimanfaatkan untuk perawat kulit sejak beberapa tahun silam. Pasalnya, calendula memiliki sejumlah manfaat untuk kulit, meliputi meredakan inflamasi, melembutkan, hingga menangkan kulit yang iritasi atau sensitif. Berkat khasiat anti-inflamasinya, calendula kerap digunakan dalam produk skin care untuk mengatasi jerawat, ruam, atau eksim. Plus, bunga yang satu ini juga kaya akan anti-oksidan dan dapat membantu mendorong produksi kolagen, lho!

Baca juga: Rekomendasi Toner dengan Kandungan Bunga Calendula untuk Merawat Kulit Sensitif

5. Melati

Bunga yang satu ini pasti sudah tak asing lagi untukmu. Kerap menjadi aroma khas Indonesia dalam tempat perawatan spa, bunga melati atau jasmine yang mungil ini ternyata juga menyimpan manfaat untuk kulit. Bunga melati kaya akan kandungan anti-oksidan, yang dapat membantu melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari dan polusi. Tak hanya itu saja, bunga yang kerap digunakan sebagai bahan teh ini juga dapat membantu menghidrasi dan melembutkan kulit, mengurangi noda akibat penuaan, serta melembapkan kulit. Tak heran kandungan ini kerap ditemukan pada body lotion, ya!

Baca juga: Rekomendasi Produk Skin Care Korea dengan Manfaat Kecantikan Bunga Mawar

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Menambahkan Garam pada Air Rebusan Pasta, Apa Manfaatnya?
Artikel Selanjutnya
Tren Aksesori untuk Tampil Lebih Meriah di Akhir Pekan