Sukses

Beauty

Mengenal Nettle Leaf, Tanaman Herbal yang Ampuh Atasi Jerawat hingga Ketombe

Fimela.com, Jakarta Di dunia ini kita akan banyak menjumpai jenis-jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk bahan pengobatan tradisional. Salah satunya adalah nettle leaf atau yang di Indonesia dikenal dengan nama daun jelatang. Walau dikenal bisa menyebabkan kulit gatal dan kemerahan ketika menyentuh daunnya, namun setelah diolah, tanaman obat yang hampir semua bagian dari daun dan batang mempunyai bulu halus ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Dalam pengobatan tradisional, nettle leaf biasanya digunakan untuk mengobati cacar, hingga mengatasi masalah rematik dan osteoartitis. Sedangkan untuk kecantikan, daun yang biasanya tumbuh subur saat musim panas ini memiliki manfaat untuk kulit dan rambut. Penasaran dengan ragam manfaat nettle leaf? Selengkapnya bisa kamu simak di sini!

Kandungan yang ada dalam nettle leaf

Dalam beberapa penelitian diketahui jika daun yang memiliki bentuk seperti hati ini memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi yang bekerja untuk mencegah terjadinya peradangan pada kulit. Tak hanya itu nettle leaf atau daun jelantang juga mengandung Vitamin A yang diketahui baik untuk menjaga kekencangan kulit, Vitamin B yang berfungsi mengontrol produksi sebum. dan Vitamin C yang dikenal kaya akan kandungan anti-oksidannya, serta sejumlah mineral, antara lain zat besi, kalium, mangan, dan kalsium.

Biasanya nettle leaf dikonsumsi dengan cara dikeringkan dan diseduh bersama dengan daun the, atau di beberapa negara seperti Nepal dan India, daunnya yang masih muda juga dijadikan masakan.

2 dari 4 halaman

Manfaat kecantikan yang bisa didapat dari nettle leaf

Seperti yang telah dikatakan di atas jika nettle leaf memiliki manfaat yang beragam bagi kulit dan rambut, antara lain:

Mengatasi kulit berminyak dan jerawat

Jika memiliki kulit dengan pori-pori besar dan berminyak maka kamu bisa mencoba memanfaatkan nettle leaf untuk mengatasinya. Kandungan Vitamin B pada daun ini mampu mengontrol sebum alami pada kulit, sehingga produksi minyak pada kulit wajah pun dapat teratasi. Selain itu, kandungan anti-inflamasinya juga bisa mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat, ataupun kulit kemerahan akibat iritasi.

Menghambat terjadinya tanda penuaan dini pada kulit

Nettle leaf memiliki kandungan vitaminmu yang diklaim dapat menjaga elastisitas kulit, serta Vitamin C yang bermanfaat sebagai zat anti-oksidan yang membantu tubuh untuk melawan kerusakan DNA pada sel-sel kulit akibat radikal bebas. Dengan kedua kandungan tersebut, nettle leaf dipercaya dapat menghambat terjadinya tkamu-tkamu penuaan dini, seperti kulit keriput dan flek. Selain itu, kandungan mineral pada daun yang dengan mudah dapat ditemukan di negara-negara Asia ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan alami kulit.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Nettle Leaf Lainnya

Mengatasi ketombe

Selain untuk kulit tubuh dan wajah, daun jelatang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut berkat kandungan Vitamin B nya. Bagi kamu yang sering bermasalah dengan ketombe, zat anti-inflamasi pada daun ini juga bisa membantu mengatasinya. Sahabat Fimela bisa menggunakan masker rambut dengan bahan utama nettle leaf ini untuk mengusir ketombe dari kulit kepalamu.

Caranya, cukup campur beberapa helai daun nettle kering dengan sedikit minyak mustard. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk adonan seperti krim pasta. Kemudian oleskan pada seluruh permukaan kulit kepala dan diamkan semalaman. Terakhir, bilas rambut dengan menggunakan air bersih keesokan harinya.

Menutrisi rambut

Kandungan vitamin dan mineral pada daun nettle dapat membantu menutrisi rambut serta meningkatkan sirkulasi darah pada area kulit kepala. Dengan menggunakan nettle leaf untuk perawatan rambut, kamu dapat mengatasi masalah rambut rontok. Bagi kamu yang memiliki rambut tipis, jangan khawatir pasalnya daun ini juga diklaim dapat merangsang proses pertumbuhan pada rambut.

Setelah tahu beragam manfaatnya, tertarikkah menggunakan nettle leaf untuk merawat kecantikan kulit dan rambut?

Baca juga: Mengenal Adaptogen, Kandungan Bahan Alami yang Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit

4 dari 4 halaman

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Kulit Kepala Berminyak yang Perlu Diketahui
Artikel Selanjutnya
Tips Memilih Foundation untuk Kulit Wajahmu