Sukses

Beauty

Manfaat Melatonin Sebagai Kandungan dalam Produk Skincare

Fimela.com, Jakarta Ketika mendengar melatonin, apa yang langsung terlintas dalam benakmu? Ya, tidur. Melatonin adalah hormon yang bertugas memberitahu tubuh tentang waktu untuk tidur. Saat ini, di pasaran banyak dijual suplemen yang mengandung melatonin untuk membantu orang-orang yang mengalami kesulitan tidur, seperti jet lag atau insomnia.

Namun tidak hanya itu, ternyata banyak produk skincare yang juga mengandung melatonin. Melatonin dipercaya sebagai kandungan yang memiliki manfaat antioksidan pada kulit, membantu melawan polusi, melindungi dari bahaya sinar UV, meningkatkan elastisitas, dan menyamarkan garis halus, seperti dilansir dari sheknows.com.

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan aktif yang paling umum untuk menghilangkan noda gelap dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Ada juga jenis antioksidan lainnya yang ampuh untuk melawan munculnya tanda-tanda penuaan, seperti vitamin A atau retinol, niacinamide, flavonoids, vitamin E, dan polyphenols.

Semua kandungan di atas memiliki banyak manfaat bagi kulit, seperti meremajakan, mengurangi inflamasi, melindungi dari paparan sinar UV, dan mengurangi tampilan garis halus. Bagaimana dengan melatonin yang sebenarnya adalah hormon?

 

2 dari 3 halaman

Manfaat melatonin dalam produk skincare

Menurut para ahli, melatonin adalah lipophilic yang tinggi, yang berarti dapat meresap dengan sangat baik ke dalam sel-sel kulit. Inilah mengapa melatonin dapat melakukan beberapa hal, seperti mengaktifkan perlindungan pada kulit terhadap bahaya oksidatif.

Cara terbaik untuk menggunakan melatonin dalam produk skincare adalah secara topikal, karena mengonsumsinya secara oral belum terbukti memberikan manfaat. Mengonsumsi melatonin secara topikal dapat membantu kulit mendapatkan antioksidan yang dibutuhkan dan menjadikannya lebih cerah. Sudah pernah coba?

3 dari 3 halaman

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Bikin Sendiri Masker Wajah dari Pepaya yang Bisa Mencerahkan Wajah
Artikel Selanjutnya
Fungsi Ekstrak Nanas dalam Produk Skincare untuk Kecantikan Kulit