Sukses

Beauty

Pemilik Kulit Berminyak, Terlarang Lakukan 6 Kebiasaan Ini

ringkasan

  • Kulit berminyak disebabkan oleh produk sebum berlebihan pada kulit
  • Menggunakan makeup saat tidur dan menggunakan toner yang keras bisa memicu produksi sebum berlebih
  • Menjaga kulit tetap hidrasi dengan banyak minum air putih

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum dialami seseoarang. Kulit berminyak sendiri disebabkan oleh hasil dari kelenjar sebaceous yang terlalu aktif sehingga menghasilkan lebih banyak sebum. Jenis kulit ini lebih rentan terhadap jerawat dan kulit kusam.

Penyebab kulit berminyak sangat beragam. Mulai dari faktor genetik, kebiasaan gaya hidup, hingga faktor lingkungan. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang dapat memicu kulit menjadi lebih berminyak, seperti dikutip dari Boldsky, apa saja?

1. Menggunakan toner yang keras

Toner kulit menjadi produk yang berharga, mengingat fungsinya untuk menyeimbangkan pH kulit. Menggunakan toner kulit sebenarnya dapat membantu menghilangkan minyak berlebih. Namun harus menggunakan toner yang ringan. Menggunakan toner yang keras akan membuat kulit iritasi.

2. Tidur dengan makeup

Pemilik kulit berminyak sangat dilarang keras untuk tidur menggunakan makeup. Hal ini akan menyebabkan kerusakan serius pada kualitas kulit dan memicu masalah kulit lainnya. Makeup akan memblokir pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, dapat mempercepat proses penuaan dini.

 

Kebiasaan yang tidak boleh dilakukan pemilik kulit berminyak

3. Melewatkan eksfoliasi kulit

Ekfoliasi kulit menjadi langkah perawatan kulit yang penting untuk menghilangkan sebum berlebih, sel kulit mati, dan kotoran di lapisan dalam kulit. Bagi kulit berminyak, hal ini sangat penting dilakukan untuk melakukan pengelupasan kulit secara teratur. Gunakan scrub yang cocok untuk kulit berminyak secara teratur untuk menghindari pori-pori kulit yang tersumbat.

4. Mengenakan makeup tebal

Dengan mengenakan makeup tebal justru akan menyebabkan produksi sebum berlebih hingga menyebabkan kerusakan pada fondasi kulit. Lebih baik gunakan makeup tipis dengan produk yang tahan lama.

5. Tidak memperhatikan hidrasi kulit

Siapa bilang kulit berminyak tidak membutuhkan hidrasi kulit? Justru kulit berminyak akan membutuhkan banyak air sehingga menjaga elasitisitas dan kekenyalan kulit. Asupan air yang cukup akan membuat kulit tetap sehat dan segar setiap saat. Dengan banyak minum air akan menghindari kulit dari produksi sebum berlebih.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Buat Face Mist Alami untuk Kulit Berminyak
Artikel Selanjutnya
Cegah Timbulnya Jerawat, Perlukah Serum untuk Perawatan Kulit Berminyak?