Sukses

Beauty

9 Trik Ampuh Menghilangkan Komedo Menurut Dermatologis

Fimela.com, Jakarta Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum dialami oleh semua orang. Selain itu, komedo juga sulit dihilangkan, entah apapun yang kamu lakukan, komedo akan selalu muncul lagi.

Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Dilansir dari purewow.com, Rabu (29/5/2019), berikut ini adalah beberapa trik ampuh menghilangkan komedo, menurut dermatologis.

1. Ketahui apa yang sedang kamu hadapi

Komedo adalah pori-pori tersumbat atau folikel rambut yang tersumbat oleh keratin, terpapar oleh udara dari luar, dan teroksidasi, mengubahnya menjadi warna hitam.

2. Jangan mudah menyerah

Sumbatan keratin dapat terbentuk lagi jika kamu tidak melakukan perawatan secara rutin. Komedo bisa saja dihilangkan, namun pori-pori terbuka akan terus ada di sana dan dapat tersumbat lagi.

3. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Eksfoliasi atau proses pengelupasan kulit akan membantu menghilangkan kulit mati, yang terperangkap dalam campuran minyak, sebum, dan keratin, menyumbat pori- pori. Gunakan produk dengan kandungan asam glikolat dan asam laktat yang dapat membantu mengatasi komedo.

 

 

Retinoid, menghindari produk yang dapat menyumbat pori-pori, dan ekstraksi

4. Mencoba retinoid

Retinoid dikenal sangat baik untuk meningkatkan pergantian sel kulit, menghilangkan kulit mati, mengurangi produksi minyak, mengecilkan, serta memperbaiki pori- pori. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk menemukan retinoid yang paling tepat untukmu.

5. Hindari produk yang dapat menyumbat kulit

Siapapun yang sedang mencoba mengatasi masalah komedo, sebaiknya hindari penggunaan krim atau pelembap bertekstur berat. Pilihlah tekstur produk yang lebih ringan dan memiliki label non-comedogenic.

6. Ekstraksi wajah

Ekstraksi wajah tidak boleh kamu lakukan sendiri di rumah, lakukan selalu dengan ahlinya. Melakukan ekstraksi wajah sendiri di rumah hanya akan menimbulkan bekas pada kulit.

Masker wajah, pengelupasan kimia, dan menjaga kebersihan

7. Mencoba masker wajah

Masker wajah dapat membantu menarik komedo. Cobalah masker arang.

8. Melakukan pengelupasan kimia

Pengelupasan kimia dapat membantu menghilangkan lapisan atas kulit kusam. Beberapa bahan kimia juga dapat membantu melepaskan komedo dari pori-pori yang tersumbat.

9. Menjaga kebersihan

Ini berarti menjaga kuas makeup tetap bersih, tidak menyentuh kulit wajah dengan tangan, dan melakukan perawatan secara rutin. Ingatlah untuk selalu mencuci muka sebelum pergi tidur.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Atasi Jerawat dengan Racikan Masker Kayu Manis
Artikel Selanjutnya
26 Bahan Rahasia dalam Produk Skincare untuk Tampil Cantik