Sukses

Beauty

Jerawat Tak Kunjung Sembuh? Yuk, Atasi dengan Jojoba Oil!

Fimela.com, Jakarta Meski minyak yang tersumbat di dalam pori-pori dapat menyebabkan jerawat, namun bukan berarti menggunakan produk skin care berbasis minyak pasti dapat menyebabkan jerawat. Ada juga kok beberapa jenis minyak yang bersifat non-comedogenic alias tidak menyumbat pori-pori. Alih-alih menimbulkan jerawat, jenis minyak tersebut justru mampu mempercepat proses penyembuhan masalah kulit tersebut. Jojoba oilmerupakan salah satu jenis minyak yang jika digunakan dengan benar, justru dapat mendatangkan manfaat baik bagi kulit, khususnya dalam menangani jerawat. Mengapa demikian?

Nutrisi Apa Saja yang Terkandung dalam Jojoba Oil?

Minyak alami yang diperoleh dari tanaman jojoba ini kaya akan anti-oksidan yang baik untuk menangkal efek buruk radikal bebas pada kulit. Jojoba oil juga memiliki banyak kandungan mineral, seperti kromium, silikon, dan juga zinc. Selain kaya mineral, jojoba oil juga mengandung vitamin E dan B yang diketahui baik untuk memperbaiki kerusakan pada lapisan kulit sekaligus menutrisi sel-sel kulit yang masih aktif. Meski dikategorikan sebagai minyak, namun struktur jojoba oil sendiri sangat mirip dengan sebum yang diproduksi secara alami oleh kulit. Oleh karena itu, kamu tak perlu khawatir jojoba oil akan menyumbat pori-pori karena pada dasarnya teksturnya sendiri sangat mudah diserap oleh kulit.

Mengapa Jojoba Oil Mampu Mengatasi Jerawat?

Dengan struktur dan sifatnya yang menyerupai sebum, jojoba oil dapat melengkapi kekurangan produksi sebum sekaligus menyeimbangkannya tanpa memicu timbulnya permasalahan kulit lain. Minyak ini bahkan dapat menghalau mikroba yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada pori. Jojoba oil juga bersifat anti-inflamasi yang mampu mempercepat penyembuhan luka. Atas dasar itulah mengapa jojoba oil efektif untuk mengatasi jerawat. Hal ini juga didukung oleh sebuah riset di Jerman pada tahun 2012 yang menemukan bahwa mengaplikasikan masker clay yang mengandung jojoba oil dapat menyembuhkan jerawat.

Bagaimana Menggunakan Jojoba Oil untuk Kulit Berjerawat?

Ada empat cara yang populer dilakukan dalam penggunaan jojoba oil untuk menyembuhkan jerawat. Pertama, mencampur jojoba oil dengan masker clay bentonit dan digunakan sebagai masker. Kedua, dicampur dengan aloe vera gel dan dipakai sebagai pelembap wajah. Ketiga, kamu bisa menggunakan jojoba oil sebagai overnight mask untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Keempat, menggunakan jojoba oil sebagai first cleanser dalam proses double cleansing membersihkan pori-pori kulit secara maksimal. Nah, dari keempat cara tersebut, kamu tinggal pilih saja mana yang paling nyaman untuk dilakukan.

Baca juga: Jerawat Terasa Gatal? Yuk, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Skincare Berkandungan Blueberry
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Eyeshadow Bernuansa Pink untuk Tampilan Feminin