Sukses

Beauty

Madu Manuka Bisa Mengurangi Jerawat, Benarkah?

Fimela.com, Jakarta Madu manuka memang bukan sembarang madu. Berasal dari Selandia Baru, madu ini sudah lama diimpor ke Indonesia dengan harga yang jauh lebih mahal dari madu biasa. Meskipun harganya tinggi, banyak orang yang lebih tertarik membeli madu jenis ini dibandingkan dengan jenis lain. 

Karena, selain memiliki berbagai khasiat, madu ini juga sangat berguna untuk kesehatan kulit wajah. Dilansir dari Hello Sehat, berbagai pasien mennyatakan kalau madu ini dapat mencerahkan, menghidrasi kulit, hingga dapat menghilangkan jerawat. 

Meskipun begitu, belum ada alasan ilmiah mengapa madu manuka ini bisa menghilangkan jerawat. Dilansir dari Self.com, madu jenis ini memang mengandung anti inflamasi dan anti bakteria.

Meskipun begitu, banyak juga orang yang menyatakan jerawatnya tidak bisa hilang meski sudah menggunakan madu ini dengan berbagai cara seperti mencuci muka dengan madu manuka hingga menjadikannya masker wajah. 

 

 

Mencegah Bakteria Penyebab Jerawat

Seorang dermatologist dari Union Square Laser Dermatology, Y. Claire Chang, M.D., mengatakan kepada Self.com kalau memang sebenarnya madu manuka ini dapat menghalangi tumbuhnya Propionibacterium acnes. 

"(Ini) merupakan bakteri yang berhubungan dengan jerawat," jelasnya. Namun, menurutnya, penelitian klinis gagal menguatkan manfaat madu tersebut sebagai obat jerawat.

Dengan kata lain, penelitian klinis memang belum bisa membuktikan apakah madu ini benar-benar bisa mengobati jerawat. Karena itu, kalau Sahabat Fimela ingin mengatasi jerawat pada area wajah sebaiknya tidak menggunakan madu manuka, namun mencari solusi lain yang sudah terbukti dan teruji secara klinis. 

Simak Video Berikut

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Timbulnya Jerawat, Perlukah Serum untuk Perawatan Kulit Berminyak?
Artikel Selanjutnya
Tak Hanya Menjadi Masalah Rambut, Ketombe juga Bisa Jadi Ancaman untuk Kulit Wajah