Sukses

Beauty

Tips Menjaga Hidrasi Kulit dari Youtuber Liah Yoo

Fimela.com, Jakarta Menurut Youtuber Liah Yoo, saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara kulit dehidrasi dengan kulit kering. Hal ini membuat mereka cenderung menggunakan produk skin care yang berbasis air, seperti water based toner atau serum secara berlebihan tanpa melakukan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit mereka sebenarnya. Padahal, kulit kering dan dehidrasi adalah dua hal yang sangat berbeda. Dalam video yang diunggahnya, beauty vlogger asal Korea Selatan ini menjelaskan jika kulit kering merupakan kondisi kulit yang kekurangan minyak alaminya. Sedangkan kulit dehidrasi akan terjadi saat kulit kita kekurangan air, jadi kondisi tersebut hanya akan berlangsung sementara. Oleh karena itu, semua orang dengan jenis kulit apapun termasuk kulit berminyak dapat mengalami dehidrasi kulit.

Dalam penjelasannya, Liah Yoo mengatakan jika salah satu penyebab dehidrasi kulit adalah rusaknya skin barrier seseorang. Jika selama ini kamu memiliki jenis kulit normal atau berminyak, tapi secara tiba-tiba merasa kulit terasa kering dan foundation yang kamu kenakan tiba-tiba cracking padahal selama ini hal tersebut tidak pernah terjadi, maka itu dapat menkamukan jika kulitmu sedang dehidrasi. Nah, untuk mencegah kulit kekurangan air, berikut beberapa tips untuk menjaga hidrasi kulit dari Liah Yoo yang dapat dicoba.

Less Cleansing

Menurut penuturan pemilik brand Krave Beauty ini, terlalu sering membersihkan wajah menggunakan produk sabun pembersih dapat merusak skin barrier. Hal ini bisa membuat kulit kehilangan kemampuan perlindungannya untuk mempertahankan jumlah air pada kulit. Sebab itu, Liah Yoo menyarankan untuk melewatkan rutinitas membersihkan wajah ketika bangun tidur pagi. Menurutnya, cukup gunakan air hangat untuk membasuh wajah dengan lembut saat pagi hari.

Jangan Terlalu Sering Mandi Menggunakan Air Hangat

Walau bisa membuat tubuh menjadi rileks, namun menggunakan air hangat terlalu sering dan dalam kurun waktu yang lama bukanlah hal yang direkomendasikan oleh Liah Yoo. Hal tersebut dapat membuat kulit kehilangan minyak alaminya dan merusak jaringan lipid yang berfungsi membantu menahan air di dalam tubuh sehingga bisa membuat kelembapan kulit tetap terjaga.

Gunakan Produk Kecantikan yang Bersifat 'Gentle'

Untuk membuat kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembapannya dengan baik, maka perlu menggunakan produk-produk kecantikan dengan kandungan bahan yang gentle atau lembut. kamu perlu sebisa mungkin menghindari menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung bahan-bahan yang bisa membuat kulit menjadi kering, seperti retinol, salicylic acid, dan alkohol. Liah Yoo lebih menyarankan untuk menggunakan produk dengan kandungan essential oil yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Selain itu, perlakukan kulit kamu dengan lembut. Jangan menggosok-gosok kulit dengan kapas ataupun handuk terlalu keras, karena hal ini dapat merusak kulit.

Kurangi Penggunaan Foundation

Tidak bisa dipungkiri, peran makeup sangat berpengaruh pada penampilan seseorang sehingga tak heran banyak perempuan yang menjadikan makeup sebagai rutinias sehari-hari. Bahkan beberapa perempuan suka menggunakan foundation berlapis-lapis untuk menutupi noda hitam dan jerawat. Namun ternyata hal ini tidak baik lho untuk kulit kita! Foundation memiliki sifat alami untuk menyerap sebum pada wajah agar kulit nampak tidak berminyak sehingga kulit pun akan kehilangan kelembapan alaminya dan menjadi kering serta dehidrasi. Cobalah untuk tidak terlalu sering menggunakan foundation berlapis-lapis untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Sebagai gantinya, kamu bisa memakai sheer foundation ataupun concealer untuk membantu menutupi kekurangan pada wajah.

Baca Juga: Tips Mengatasi dan Mencegah Milia ala YouTuber Korea Ghotamista

Simak Video di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Kola Nut, Bahan Alami dengan Kandungan Kafein sebagai Anti-Aging
Artikel Selanjutnya
Polyglutamic Acid: Kandungan Skin Care yang Ampuh untuk Melembapkan Kulit