Sukses

Beauty

Jangan Biarkan Bahagiamu Pasca Melahirkan Terusik oleh Stretch Mark

Fimela.com, Jakarta Berganti status menjadi ibu bikin perasaanmu jadi campur aduk. Bahagia karena bisa menimang buah hati yang dirindukan kehadirannya, cemas karena bakal banyak tantangan ke depannya, dan galau dengan perubahan tubuh pasca melahirkan. Bukan hanya berat badan yang melar, stretch mark yang menghiasi kulit perut, paha, bokong, bahkan payudara bisa bikin kepercayaan dirimu menurun.

Pemicu Stretch Mark

Berbeda dengan selulit yang tampak bergelombang, stretch mark ditandai dengan garis-garis berwarna merah muda yang kemudian berubah putih atau menggelap. Gangguan kulit ini muncul akibat kulit yang meregang pada ibu hamil karena penambahan berat badan.

Kulit yang tak elastis ini bukan hanya menyerang bagian perut, tapi juga lengan, payudara, pinggul, paha, dan bokong, seiring dengan kehamilan yang semakin membesar. Sedihnya lagi, stretch mark juga disertai gatal yang jika digaruk secara berlebihan akan memicu luka dan meninggalkan bekas kehitaman.

Mencegah Stretch Mark

Tidak semua ibu hamil mengalami stretch mark, tergantung pada keelastisan kulitnya. Semakin elastis kulit maka akan semakin berkurang risiko terbentuknya stretch mark. Tapi begitu ada peregangan yang menyebabkan robekan pada kulit, maka sekali terbentuk akan sulit untuk hilang dengan sempurna.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mencegah stretch mark dengan melakukan perawatan dari luar dan dalam tubuh. Mulailah dengan menjaga elastisitas kulit dari dalam tubuh dengan memastikan kecukupan cairan dan nutrisi. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin E, C, zinc, dan silika yang membantu pembentukan kolagen dan berperan dalam elastisitas kulit.

Untuk perawatan kulit dari luar, rutin mengoleskan pelembap krim dini bisa mengunci kelembapannya dan menjaganya tetap elastis. Ada krim khusus yang dapat digunakan oleh wanita hamil dengan kandungan pelembap yang lebih tinggi dibandingkan krim biasa. Lengkapi dengan pemakaian sabun mandi yang mengandung cukup pelembap dan hindari menggunakan air mandi yang terlalu panas.

Perawatan Paska Melahirkan

Stretch mark yang terlanjur muncul sayangnya nggak bisa dihilangkan hanya dengan penggunaan krim saja. Alternatifnya, lakukan tindakan Laser Smoothing Scar untuk membantu memudarkan atau menghilangkan stretch mark.

Jangan biarkan stretch mark mengganggu penampilan dan membuatmu kehilangan percaya diri. Segera konsultasikan kebutuhanmu pada tim dokter di EMC Plastic Surgery & Aesthetic Center yang memiliki solusi lengkap perawatan kecantikan kulit dan tubuh melalui berbagai tindakan. Mulai dari non-invasif (non bedah), bedah estetika, hingga bedah rekonstruktif yang didukung teknologi modern dan dokter yang berpengalaman di bidangnya.

Jika kamu mengunjungi Plastic Surgery & Aesthetic Center di RS EMC Sentul, bahkan telah mendapat Sertifikasi dari Organisasi Bedah Plastik Estetik Internasional (ISAPS) sebagai bukti komitmen RS EMC memberikan pelayanan terbaik.

Tunggu apalagi, dapatkan pelayanan terbaik yang akan membantumu mendapatkan penampilan yang diinginkan dengan cara yang aman dan nyaman. Info lengkap klik di sini.

 
;
Loading