Sukses

Beauty

Trik Mengubah Penampilan untuk rambut Bercabang

Fimela.com, Jakarta Kutikula yang terletak paling luar lapisan rambut membuatnya rentan mengalami beberapa permasalahan. Tak bisa dipungkiri, kutikula lebih dulu berhadapan dengan sinar matahari maupun styling tools, sehingga bagian rambut ini akan mudah rusak. Kutikula yang rusak kemudian membuat rambut menjadi terlihat kusam, kering, dan bercabang. Untuk itu, perlu adanya perlindungan terhadap lapisan rambut ini terutama bagian yang bercabang. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya.

Cara Mencegah Rambut Bercabang

Sisir rambut dengan baik

Sesuatu yang sederhana seperti menyisir rambut ternyata bisa menyebabkan rambut bercabang, lho! Sahabat Fimela dapat mencegah hal ini terjadi dengan menyisir rambut dengan perlahan. Pastikan menggunakan sisir yang cocok dengan jenis rambut kamu sehingga kulit kepala pun tak terasa sakit. Hindari menyisir rambut secara berlebihan karena dapat menimbulkan gesekan yang membuat rambut rusak.Gunakan alat penata rambut dengan suhu rendah

Alat penata rambut seperti flat iron ataupun hair dryer diketahui dapat merusak rambut. kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan suhu rendah. Memang hasilnya akan memakan waktu lama, namun dengan suhu rendah kamu dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada rambut. Mengatur suhu di bawah 350 derajat dianggap batas aman untuk mencegah rambut kering dan rusak.

Membuat rambut benar-benar bersih sebelum ditata

Penggunaan sampo atau kondisioner yang tidak bersih akan menyisakan minyak pada rambut. Minyak tersebut tidak akan bekerja dengan baik pada rambut ketika ingin ditata. Alih-alih ingin menata rambut menggunakan alat catok, kamu justru merusak rambut yang kotor dengan alat tersebut seperti memasak sesuatu di kepala. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran di kulit kepala dan ujung rambut agar aman untuk ditata menggunakan alat catok dan penata rambut lainnya.

Baca juga: Ragam Cara Mengatasi Rambut Rontok Menurut Para Ahli

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Gunakan serum yang tepat

Rambut rusak yang ditunjukan dengan batang rambut yang mudah rapuh dan ujung rambut yang bercabang bisa diatasi dengan serum yang tepat. Salah satunya adalah serum dengan kandungan keratin. Keratin mampu mengembalikan vitalitas rambut yang rusak dengan cara mengisi molekul rambut yang tampak kosong dan melapisi strukturnya.

Potong ujung rambut

Menggunting ujung rambut secara teratur dapat melindungi bagian rambut lainnya. Mintalah penata rambut menggunakan teknik hair dusting agar tidak mengorbankan bagian rambut lainnya dan hanya berfokus menghilangkan bagian rambut yang bercabang. Cara ini juga memungkinkan merangsang rambut yang tumbuh berikutnya tak mudah patah.

Menghidrasi rambut

Menghidrasi rambut dapat kamu lakukan dengan mengurangi frekuensi penggunaan alat penata rambut yang cenderung bersuhu panas. Gunakan juga sampo dan kondisioner yang tidak mengandung silikon dan sulfat. Kedua kandungan tersebut di sebagian besar kasus justru membuat rambut menjadi kering. Hindari juga teknik penataan rambut atau styling yang akan memperparah kondisi rambut.

Gunakan masker rambut

Cara satu ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Cobalah masker yang dapat memgisi kembali nutrisi yang hilang pada rambut kering dan rusak. Masker dengan kandungan minyak kelapa dapat membuat rambut berkilau dan halus.

Baca juga: Tips Merawat Rambut yang Rentan Rusak Akibat Polusi Udara

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Penggunaan Neck Cream dan Manfaatnya bagi Kulit
Artikel Selanjutnya
Mengenal Cryotherapy, Terapi Dingin yang Ampuh Melawan Jerawat hingga Kanker