Sukses

Beauty

Diet dan Pola Makan Buruk Ternyata Dapat Merusak Kulit

ringkasan

  • Skincare memang membantu kulit menjadi lebih bersinar dan sehat.
  • Namun, skincare saja tidak cukup. Untuk memiliki kulit sehat dan bercahaya, pola makan dan diet pun harus dipikirkan.
  • Setiap makanan yang masuk ke tubuh efeknya akan terlihat pada kulit.

Fimela.com, Jakarta Kulit membutuhkan serum, krim, dan sheet masks yang mampu menghidrasi dan mengurangi serta mencegah kerutan. Namun, semua produk tersebut ternyata belum tentu bisa mempebaiki kesehatan kulitmu. Hello Giggles menulis, untuk memiliki kulit yang flawless, glowing, dan kenyal tetap saja membutuhkan asupan dan vitamin dari dalam. 

Karena itu, apa pun yang kamu makan dan minnum ternyata sangat memengaruhi kesehatan kulit. Saking kuatnya efek tersebut, apa yang kamu makan ternyata bisa terlihat dari kualitas kesehatan kulitmu. 

Menurut Keri Glassman, seorang ahli nutrisi dan pendiri Nutritious Life, makanan memiliki peran yang besar dalam kesehatan kulit. Pasalnya, kulit merupakan organ terbesar di tubuh dan dapat merefleksikan kesehatan dan perubahan yang terjadi di dalam tubuh," katanya seperti dikutip dari Hello Giggles. 

Keri melanjutkan, fungsi kulit melingkupi proteksi terhadap organ-organ di dalam tubuh. Sehingga menurutnya, menjaga kesehatan kulit juga merupakan upaya untuk menjaga kesehatan organ-organ lain dalam tubuhmu. 

Bad Diet, Bad Skin

Mungkin kamu pernah mendengar istilah 'bad diet, bad skin." Istilah ini mengarah pada pola makan yang tidak sehat akan terlihat pada kulitmu. Diet yang buruk akan menciptakan efek domino yang akan menciptakan masalah lain, terutama pada kulit. 

Contohnya saja, kulit kering, jerawat, pucat, dan rusak ternyata merupakan tanda-tanda dari pola makan atau diet buruk. Keri mengatakan, ketika kamu tidak makan makanan sehat, organ tubuhmu tidak akan berfungsi dengan baik. Organ yang paling cepat terkena dampaknya adalah sistem pencernaan. Namun, kulit pun akan mengalami perubahan dan kerusakan yang bisa terlihat secara langsung. 

 

Makanan yang Merusak Kulit

View this post on Instagram

Who has started Christmas 🎄 celebrations and has wine face? Do YOU have Wine face? 🍷 NOW , this is from drinking too much wine.. 🌟Typical symptoms: Pronounced lines or redness between the eyes, droopy eyelids, enlarged pores, dehydrated skin with feathery lines across cheeks, reddish cheeks and nose, deep nasolabial folds. I call this 'wine face' because these characteristics are so distinctive of women who enjoy a glass or two on most nights of the week, but the truth is these ageing characteristics can be triggered by any kind of alcohol. Alcohol dehydrates the skin, which worsens the look of fine lines and wrinkles. The deeply ageing nasolabial lines, which run from nose to mouth, can lift and lighten as soon as you stop drinking and become rehydrated. Alcohol is high in sugar, which damages the protein collagen - vital for keeping skin elastic - causing enlarged pores and droopy eyelids. According to face mapping, the space between the eyes is associated with the liver, and in my clinic I've noticed women whose livers struggle to process alcohol tend to have deep lines or redness between the brows (another sign of liver stress is a purple hue to the tongue). Alcohol is known to inhibit the action of the enzyme that the body uses to fight the skin-destroying inflammatory process, so a couple of glasses of wine could be enough to allow the inflammatory process to take over, resulting in highly coloured cheeks and a red nose. This can be exacerbated by the fact alcohol (like hot drinks and spicy food) can cause the delicate capillaries of the cheeks and nose to dilate, drawing blood to the surface of the skin. 🌟🌟🌟Solution to 🍷 face🌟🌟 - switch to spirits (tequila, vodka or gin)mixed with water and add 🥒 and lime or 🍋 to your drink to add flavour - healthyflora probiotics to prevent bad bacteria fermentation - B famous ( Dr. Nigma supplement) take one per day with food ( alcohol depletes B vitamins) - immortal skin collagen powder : 3 teaspoons per day in water to help rebuild your collagen - Dr. Nigma serum number one and creme number one layered 💦 drink water with a sachet of electrolytes to help absorb your fluids..

A post shared by Drnigmatalib (@drnigmatalib) on

Pada dasarnya, junk food dan makanan yang mengandung pengawet dan sudah diolah tidak baik untuk kesehatan. Makanan yang tidak sehat ini juga akan berdampak pada kulit. 

Selain makanan tidak sehat, diary juga ternyata menjadi salah satu trigger munculnya jerawat bagi sebagian orang. Selain itu, wine juga akan membuat kulit di area bawah mata mengendur, kulit menipis, dan pucat. Sementara makanan mengandung gluten jika dikonsumsi berlebihan akan mengakibat kulit di area pipi memerah, dan muncul bintik-bintik hitam. 

 

Jadi, jika Sahabat Fimela ingin memiliki kulit sehat dan indah, aturlah pola makan. Selain itu, apa yang masuk ke dalam tubuh benar-benar harus dipikirkan agar organ dalam sehat, sehingga kulit pun menjadi bersinar. 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading