Sukses

Beauty

Rekomendasi Alternatif Kapas yang Lebih Lingkungan untuk Membersihkan Wajah

Fimela.com, Jakarta Praktis dan mudah, micellar water kerap menjadi pilihan bagi banyak orang untuk membersihkan wajahnya dari makeup, debu, dan kotoran yang menempel. Untuk menggunakan micellar water, diperlukan pula beberapa lembar kapas tiap harinya. Belum lagi untuk toner dan merapikan makeup. Nah, tanpa disadari penggunaan kapas kamu bisa mencapai puluhan–bahkan ratusan lembar tiap tahun dan hal ini dapat berdampak buruk pada lingkungan. Mulai dari sampah kapas yang menumpuk, penggunaan kemasan plastik, hingga polusi dari pabrik produksi kapas. Untungnya, kini semakin banyak alternatif penggunaan kapas yang jauh lebih ramah lingkungan. Yuk, lihat di bawah apa saja opsinya!

Baca juga: Bantu Selamatkan Bumi dengan Menghindari Rutinitas Kecantikan Berikut

1. Jacquelle Magic Wash

Tak hanya lebih ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan kapas, Jacquelle Magic Wash juga akan menghemat penggunaan makeup remover, lho! Sesuai namanya, Magic Wash benar-benar akan bekerja secara magic untuk membersihkan makeup waterproof sekalipun hanya dengan menggunakan air. Terdapat dua sisi pada Magic Wash, bagian pink untuk membersihkan makeup (basahi terlebih dahulu) dan bagian putih untuk double cleansingdengan facial wash kamulan kamu. Kalau sudah dipakai, tinggal dicuci pakai sabun lalu dikeringkan, deh! Praktis sekali, bukan?

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung melihat video pemakaiannya di sini, ya. Oh, iya, kalau kamu kepo dan tertarik untuk mencobanya, Jacquelle Magic Wash bisa kamu dapatkan di Sociolla.

2. Ekko Store

Untuk menggantikan kapas, reusable cotton pad dari Ekko Store (@ekko.store) bisa menjadi salah satu pilihan. Pada akun Instagramnya, sang owner menuliskan bahwa ia kerap menggunakan reusable cotton pads untuk membersihkan wajahnya setelah menggunakan cleansing oil atau masker, serta untuk melap wajah dan leher saat bepergian. Tentunya, kamu juga bisa menggunakan alternatif kapas ini dengan micellar water. Selain lebih ramah lingkungan, produk ini juga multifungsi, ya!

Lihat juga: Review Kapas Terbanyak: 12 Kapas Sekaligus! | A-Beauty

3. Cleanomic

Cleanomic adalah situs yang berfokus pada hidup lebih ramah lingkungan. Jadi, kamu akan menemukan ragam informasi acara seputar lingkungan, kelas workshop, hingga ragam produk zero waste. Nah, salah satu produk yang ditawarkan Cleanomic adalah reusable facial pad. Pengganti kapas sekali pakai ini terbuat dari katun lembut dengan ukuran diameter 7 cm. Ukurannya yang cukup lebar membuat kamu dapat menjangkau area lebih luas saat membersihkan wajah dalam sekali usap.

Rekomendasi reusable cotton pad

4. Resik Rai

Kalau melihat penampakan kapas Resik Rai (@resikrai) di Instagram-nya sekilas saja, siapa yang menyangka kalau kain bermotif gemas ini adalah alternatif kapas untuk wajah! Terbuat dari material terry dan cotton, kapas ini dapat menjadi pengganti kapas sekali pakai untuk rutinitas skin care maupun makeup. Karena terbuat dari material kain, jangan malas untuk membersihkan noda liptik dan maskara setelah menghapus makeup untuk mencegah kain cepat bernoda, ya!

5. Evening Zero Waste Cotton Pads

Evening (@evening.co) merupakan artisan skin care brand lokal yang menawarkan ragam produk perawatan kulit. Mulai dari rubber peel-off mask, clay mask, air mawar, dry oil mist, hingga reusable cotton pads. Alternatif kapas yang terbuat dari 100% cotton ini diklaim dapat digunakan untuk makeup remover, toner, pembersih wajah, dan eksfoliasi. Ssst, dari akun Instagram-nya, Evening juga dikabarkan akan segera merilis Zero Waste Cotton Pads khusus pemilik kulit sensitif, lho!

Baca juga: Pemilik Kulit Sensitif? Berikut Beragam Tips Merawat Kulit yang Perlu Diketahui

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Pilihan Cat Rambut dengan Harga di Bawah Rp50.000
Artikel Selanjutnya
Langkah yang Perlu Dilakukan Sebelum Membangun Rutinitas Skincare