Sukses

Beauty

5 Cara untuk Mengatasi Masalah Rambut yang Sering Dialami

ringkasan

  • Perbanyak asupan cairan
  • Konsumsi makanan dan minuman yang mampu menutrisi rambut
  • Mengikat rambut terlalu kencang

Fimela.com, Jakarta Sama seperti halnya kulit, rambut juga kerap mengalami berbagai masalah jika kamu tidak memberinya asupan yang cukup. Biasanya, masalah rambut paling umum yang sering dialami banyak orang adalah ketombe, kerontokan, kering, bercabang, atau rambut patah yang cenderung disebabkan faktor lingkungan, kurangnya asupan nutrisi, vitamin, dan gizi yang dibutuhkan oleh rambut.

Terlebih lagi saat tubuh kekurangan asupan-asupan tersebut, serta kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak kesehatan rambut. Pasti tidak mau kan hal ini terjadi pada kamu? Yuk, segera ambil tindakan untuk menghindari berbagai masalah pada rambut selama bulan puasa, dengan cara berikut.

Perbanyak asupan cairan

Saat puasa, tubuh akan kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi ringan dan dapat menyerap energi dari akar rambut sehingga mengakibatkan rambut rontok. Itulah mengapa, asupan air putih sangat penting karena selain baik untuk kulit dan kesehatan, air putih juga dapat membantu menghilangkan ketombe dan masalah penipisan rambut.Jadi, selama bulan puasa, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih dengan mengonsumsi 2 gelas saat berbuka, 4 gelas menjelang tidur, dan 2 gelas saat bangun tidur, ya.

Konsumsi makanan dan minuman yang mampu menutrisi rambut

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, zinc, dan selenium, seperti ayam, ikan, brokoli, blueberry, kiwi, dan oyster. Makanan dengan kandungan tersebut dapat menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan rambut agar tetap berkilau dan kuat.

Gunakan produk perawatan rambut yang punya klaim melembapkan

Bayangkan, deh, bagaimana buruknya kondisi rambut setelah seharian penuh beraktivitas di dalam ruangan ber-AC, terkena polusi hingga terpapar sinar matahari? Maka dari itu, selain merawat dari dalam, perawatan rambut dari luar pun tak kalah penting. Selain mencuci rambut dengan durasi yang lebih sering, kamu juga perlu memilh produk perawatan rambut yang diklaim mampu melembapkan agar rambut tidak mudah lepek dan berkeringat.

Batasi penggunaan hot tools

Bagi sebagian perempuan, mungkin termasuk kamu, memiliki rambut lurus atau ber-volume setiap hari adalah suatu kewajiban agar bisa tampil percaya diri. Alhasil, setelah selesai mencuci rambut, kamu kerap menggunakan alat catok guna meluruskan maupun membuat rambut bergelombang. Sebaiknya, kurangi penggunaan alat-alat panas seperti pencatok rambut selama puasa, karena hal ini dapat meningkatkan kerusakan pada rambut, seperti rambut menjadi kering dan mudah patah. Istirahatkan sejenak rambut kamu dari alat yang bersuhu tinggi.

Mengikat rambut terlalu kencang

Kurangnya asupan makanan bernutrisi dan cairan, membuat rambut jadi rentan terhadap kerontokan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengikat rambut terlalu kencang sepanjang hari karena dapat merusak kesehatan rambut karena tarikan yang cukup kuat dari kulit kepala. Jika memang cuacanya panas dan membuat gerah, kamu boleh mengikatnya, namun ingat ya, jangan terlalu kencang.

Baca juga: Review: Kérastase Extentioniste, Rangkaian Sampo dan Kondisioner untuk Hasilkan Rambut Panjang dan Kuat

Simak Video Berikut Ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Perawatan Kulit yang Perlu Dilakukan Secara Rutin Menurut Para Ahli
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Berkandungan Kaolin Clay yang Perlu Dicoba