Sukses

Beauty

Buat Sendiri Gel dari Flaxseed untuk Rambut Keriting

Fimela.com, Jakarta Gel rambut merupakan slah satu produk yang sangat diperlukan perempuan berambut keriting dan bergelombang. Gel ini akan membantu rambut clumping sehingga tidak kusut dan terpecah ikalnya. 

Ada begitu banyak produk gel rambut yang biasa digunakan untuk styling rambut bertekstur. Namun, banyak sekali produk yang menggunakan bahan-bahan kimia seperti alkohol. 

Sebenarnya, alkohol fatty acid tidak akan bermasalah pada rambut. Masalahnya, alkohol yang terkandung kebanyakan termasuk dalam jenis short chains alcohol. Dilansir dari Naturally Curly, alkohol jenis ini akan membuat rambut menjadi lebih kering dalam waktu pemakaian yang lama. 

Karena itu, sebaiknya kamu membuat sendiri gel rambut dari bahan alami, seperti flaxseedatau benih lenan. Berikut langkah pembuatannya. 

DIY Gel Rambut

Bahan-bahan: 

1 cup flaxseed

air secukupnya

essential oil yang kamu suka

Cara membuat:

Masak flaxseed dengan api kecil hingga mendidih. Jangan sampai over heated karena akan membuat gel berwarna gelap dan terbakar. Setelah itu, langsung saring menggunakan alat penyaring. Agar lebih mudah, saring menggunakan kain dengan serat kasar. Karena, flaxseed gel ini sangat cepat mengental sehingga sulit untuk disaring. 

Kemudian, taruh di dalam jar kaca. Gel ini bisa tahan selama 1-2 minggu jika ditaruh di dalam lemari es. 

Cara Penggunaan

Untuk rambut keriting yang sangat kering, sebaiknya mmenggunakan leave in conditioner terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan flaxseed gel ini. Aplikaskan gel pada rambut yang masih basah. Kemudian style seperti biasa. 

Flaxseed gel ini akan menahan rambut keriting dan bergelombang agar tidak terpecah karena humidity. Selamat mencoba, ya!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Memilih Hair Spray untuk Rambut Keriting yang Sehat