Sukses

Beauty

Ciri-Ciri Produk Makeup Sudah Hampir Kedaluwarsa, Segera Buang!

Fimela.com, Jakarta Setiap produk makeup punya masa pakai atau batas kedaluwarsa. Antara produk makeup satu dengan lainnya bisa berbeda, tergantung jenis ataupun formula yang digunakannya.

Kamu bisa mengetahui batas kedaluarsa produk makeupmu dari tanggal yang tertera di kemasannya. Tapi, kamu juga harus peka untuk menilai langsung; kiranya produk makeupmu masih layak pakai atau sebaiknya dibuang.

Kamu bisa simak penjelasan di bawah agar bisa lebih memahami masa pakai koleksi makeupmu. Sebab, menggunakan makeup kedaluwarsa itu bisa membahayakan kulit.

Tanda Produk Makeup Sudah Harus Dibuang

Lipstik

Masa pakai lipstik umumnya bisa sampai dua tahun bila masih dalam keadaan bagus. Jika sebelum itu lipstikmu sudah terlihat dan terasa kering atau berubah tekstur, itu tandanya lipstik sudah tidak layak pakai.

Maskara dan liquid eyeliner

Dua jenis produk ini berumur pendek karena akan cepat kering, biasanya hanya sekitar 3-4 bulan, namun bila maskara dan eyelinermu sudah berbau aneh yang lebih menyengat, lebih baik ganti dengan yang baru.

Foundation, Bedak, dan Liner Pencil

Liquid foundation

Bentuk kemasan foundation bisa mempengaruhi umur foundationmu. Disarankan untuk memakai foundation bentuk pump agar tidak perlu menyentuh seluruh isinya tiap kali hendak mengaplikasikan dan foundation bisa dipakai sepanjang yang seharusnya. Jika sudah tak layak pakai, biasanya kandungan foundation tersebut terlihat terpisah dan berubah warna.

Blush, eyeshadow, dan bedak

Dalam keadaan bersih, produk berbentuk powder bisa tahan dua tahun. Untuk blush, eyeshadow, dan bedak, tanda sudah tidak layak digunakan adalah ketika permukaannya terihat bersisik dan berwarna keabuan.

Eyeliner dan lipliner pensil

Tanda eyeliner dan lipliner pensil sudah tidak bisa digunakan adalah perubahan tekstur dan bau, juga adanya bintik putih di ujung yang tidak hilang meski kamu merautnya. Produk berbentuk pensil ini bisa digunakan sampai tiga tahun.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading