Sukses

Beauty

Kandungan yang Perlu Dicari dan Dihindari saat Memilih Perawatan Rambut

Fimela.com, Jakarta Sejak tren skin care semakin populer di dunia, para perempuan menjadi semakin peduli dengan produk yang mereka gunakan. Jika sebelumnya kita hanya memilih produk berdasarkan klaimnya saja, kini kita jadi jauh lebih teliti hingga memerhatikan label kandungan produk. Tentunya ini menjadi sebuah kebiasaan yang baik karena bisa menyelamatkan kita dari kandungan yang kurang baik untuk kulit. Nah, selain diterapkan pada produk perawatan kulit, ada baiknya jika kebiasaan ini juga dilakukan dalam memilih produk perawatan rambut Berikut ini adalah beberapa kandungan yang perlu kamu cari dan hindari saat memilih hair care.

Kandungan yang Perlu Dicari

Natural oil

Produk hair care yang diperkaya oleh essential oil mengandung lemak sehat dan nutrisi yang bermanfaat bagi rambut. Selain menutrisi, kandungan oil pada hair care juga berfungsi untuk memberikan kelembapan ekstra bagi rambut. Beberapa jenis essential oil yang umum ditemukan pada produk perawatan rambut antara lain, minyak kelapa, minyak argan, dan minyak zaitun.

Protein

Struktur rambut terdiri atas 70-80% protein. Nah, untuk memperbaiki kerusakan rambut akibat faktor eksternal seperti paparan UV atau cat rambut, pilihlah produk dengan kandungan protein, seperti keratin, protein gandum (wheat protein), atau panthenol.

Biotin

Biotin merupakan vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit. Reaksi vitamin ini dengan enzim khusus pada tubuh berfungsi membantu memproduksi protein. Inilah yang membuat biotin dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut. Untuk membuat rambut tebal dan sehat, perkaya nutrisi rambut dengan produk hair care yang mengandung biotin.

Kandungan yang Perlu Dihindari

Formaldehyde

Formaldehyde merupakan salah satu jenis pengawet yang biasa digunakan pada produk kosmetik. Sayangnya, bahan ini berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Formaldehyde dapat terserap dalam tubuh, sehingga berpotensi menimbulkan reaksi alergi. Untuk menghindari kandungan ini, pastikan tidak ada tulisan quaternium-15, DMDM hydantoin, atau diazolidinyl urea pada produk yang kamu gunakan, ya!

Silicone

Silicone merupakan kandungan dalam produk perawatan rambut yang berfungsi untuk membuat tampilan rambut berkilau. Sayangnya, bahan yang satu ini dapat membuat rambut kering dan berpotensi menghalang terserapnya kelembapan ke dalam rambut. Selain itu, silicone juga sulit terbilas hingga bersih, sehingga dapat meninggalkan residu yang akan membuat rambut frizzy dan mudah patah.

Sulfates

Menemukan tulisan SLS atau SLES pada produk perawatan rambut yang kamu gunakan? Dua kandungan tersebut merupakan sulfates, jenis deterjen yang berfungsi untuk memproduksi busa. Dengan kandungan ini, proses keramas terasa lebih mudah, lebih bersih dan, rambut pun terasa lebih lembut. Namun, di balik manfaatnya sulfates berpotensi merusak folikel, membuat kulit kepala kering, serta berpotensi menimbulkan efek racun pada rambut.

Baca juga: Mengatasi Kulit Kepala yang Mudah Gatal dengan Sampo Tanpa SLS dari Yves Rocher

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi 5 Produk Lokal untuk Makeup Tahan Lama di Kulit Berminyak
Artikel Selanjutnya
5 Langkah Praktis untuk Dapatkan Complexion Flawless dengan Bedak Two Way Cake