Sukses

Beauty

Jangan Percaya, Ini Mitos Skincare yang Masih Dipercaya

ringkasan

  • Ketika melakukan perawatan kulit, banyak orang yang masih percaya beberapa mitos. Di antaranya, mencuci wajah setiap hari bisa terhindar dari jerawat.
  • Mitos lainnya adalah eksfoliasi tiap hari bisa menyehatkan kulit. Padahal eksfoliasi tiap hari hanya akan merusak kulit

Fimela.com, Jakarta Meski sudah berulang kali menonton video atau membaca artikel, masih banyak mitos skincare yang beredar. Kamu masih bisa menemukan informasi yang salah soal skincare.

Yang lebih memprihatinkan adalah mitos seputar skincare ini membawa efeknyang buruk pada kulit. Melansir dari Boldsky, berikut beberapa mitos skincare yang masih beredar. Jangan percaya, ya!

1. Makeup menimbulkan jerawat

Secara umum, makeup tidak menyebabkan jerawat. Namun menggunakan produk makeup yang salah dan kadaluwarsa. Jika kamu adalah pengguna makeup secara rutin, kamu perlu mengenal kulit lebih baik dan memilih produk yang sesuai. Jangan lupa untuk selalu cek tanggal kadaluwarsa produk makeup sebelum dibeli. Kemudian jangan pernah lupa untuk menghapus makeup sebelum tidur.

2. Mencuci wajah sesering mungkin akan terhindar dari jerawat

Wajah yang bersih memang akan mengurangi potensi jerawat. Namun caranya bukan hanya dengan mencuci wajah sesering mungkin. Mencuci wajah terlalu sering akan menghilangkan minyak alami pada wajah. Akhirnya sebum akan lebih banyak diproduksi dan menimbulkan jerawat.

3. Jerawat harus dipencet

Ketika berhadapan dengan jerawat, solusinya bukan dengan menyentuhnya secara langsung. Jangan sesekali untuk memencetnya karena akan menyebarkan infeksi dan memperburuk kondisinya.

 

Mitos skincare yang masih beredar

4. Hanya mengenakan tabir surya saat keluar rumah

Memang, sangat disarankan untuk mengenakan tabir surya sebelum keluar rumah. Namun bukan berarti kamu hanya mengenakannya ketika hendak keluar rumah. Radiasi sinar UV masih akan terus ada meski dalam keadaan hujan. Pastikan untuk selalu mengenakan tabir surya.

5. Produk lebih mahal bekerja lebih baik

Belum tentu. Jika tujuan adalah memberikan perawatan kulit yang tepat, produk yang digunakan tidak harus mahal. Produk mahal mungkin lebih lembut di kulit. Namun belum tentu berfungsi di kulit dengan baik.

6. Eksfoliasi setiap hari membantu menyehatkan kulit

Ini juga mitos. Eksfoliasi setidaknya dilakukan seminggu sekali. Untuk membantu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran di kulit. Melakukannya setiap hari hanya akan merusak kulit.

 

Mitos skincare yang masih beredar

7. Semakin banyak minum air, kulit semakin lembap

Tidak sesederhana itu. Banyak minum ari putih memang baik untuk kulit. Namun tidak menjaga kulit tetap lembap. Air minum mengeluarkan racun dari tubuh sehingga kulit juga mendapat manfaatnya. Untuk membuatnya lembap, perlu mengaplikasikan pelembap secara teratur.

8. Bintik hitam adalah tanda penuaan

Tidak selalu demikian. Bintik hitam bisa disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah paparan sinar matahari berlebihan. Untuk itu, lindungi kulit dari sinar matahari.

9. Krim anti penuaan bisa mencegah kerutan

Sebagaian besar krim yang tersedia di pasaran tidak bekerja terlalu efisien untuk mencegah penuaan. Yang dilakukan krim anti penuaan ini sebenarnya hanya melembapkan kulit sehingga tampilan kulit tetap prima. Sehingga terlihat kerutan berkurang.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Skincare Hacks yang Wajib Diketahui Para Perempuan
Artikel Selanjutnya
Alasan Gliserin Disebut Sebagai Kandungan Produk Skincare yang Ampuh Menghidrasi