Sukses

Beauty

Benarkah Produk Kosmetik yang Telah Kedaluwarsa Masih Bisa Digunakan?

ringkasan

  • Produk berbau aneh
  • Formula produk tampak terpisah (misal: terdapat lapisan minyak di atas foundation)
  • Saat diaplikasikan, warna produk tampak pudar

Fimela.com, Jakarta Membersihkan dan merapikan koleksi kosmetik, baik makeup maupun skin care, adalah sesuatu yang kerap dilakukan oleh banyak perempuan secara berkala. Dalam proses ini, biasanya kamu akan sekaligus memilah produk yang sudah kedaluwarsa.

Nah, saat memilah produk ini, biasanya juga kamu baru menyadari: lho, selama ini saya menggunakan makeup yang sudah kedaluwarsa? Apakah kamu pernah mengalami hal ini? Saya pernah.

Lalu, apa yang harus dilakukan, ya? Apakah boleh menggunakan produk kosmetik yang telah kedaluwarsa? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Produk Kosmetik Kedaluwarsa Aman untuk Digunakan

Sebetulnya, jawaban simpel dari pertanyaan 'apakah kamu bisa menggunakan kosmetik kedaluwarsa' ya bisa-bisa saja, tapi tentu keamanannya tidak terjamin. Idealnya sih kalau sudah kedaluwarsa, ya jangan digunakan lagi. Namun, bagaimana kalau produk kamu masih bersisa banyak dan tidak menimbulkan reaksi negatif saat digunakan?Dilansir dari Daily Vanity, Dr. Elizabeth Tanzi menuturkan bahwa kamu tetap bisa menggunakan produk kosmetik yang telah kedaluwarsa, hanya saja kemungkinan kosmetik tersebut tak lagi bekerja maksimal. Dr. Diana Howard yang bekerja untuk Dermalogica juga menyetujuinya. Ia menjelaskan bahwa tanggal kedaluwarsa menyatakan waktu di mana kandungan aktif dalam formula produk berhenti bekerja, namun produk tetap bisa digunakan.

Secara umum, apabila produkmu memiliki bentuk 'kering' seperti pensil alis atau blush on bubuk dan tidak disentuh oleh jari secara langsung, maka besar kemungkinan produk tersebut relatif aman untuk digunakan.Namun jika produkmu berbentuk 'basah' seperti liquid foundation atau cream eyeshadow serta disentuh jari secara langsung, maka potensi produk tersebut tidak aman digunakan jauh lebih besar, karena lebih rentan menjadi sarang bakteri.

Kapan Produk Kosmetik Kedaluwarsa tidak Aman untuk Digunakan?

Walau ada pendapat yang menyatakan bahwa produk kosmetik aman untuk digunakan, namun hal ini tak selalu berlaku. Tak sekadar berubah tekstur dan sulit untuk digunakan, risiko menggunakan produk kosmetik yang telah kedaluwarsa tetaplah tinggi. Saat produk telah kedaluwarsa, formula produk tersebut akan berubah dan kulit kamu dapat bereaksi pada perubahan formula tersebut.

Reaksinya apa saja, sih? Banyak! Mulai dari yang 'ringan' seperti rasa gatal, perih, timbul jerawat, atau kulit memerah, hingga yang parah seperti iritasi, infeksi, hingga pembengkakan. Bahkan, jika produk tersebut masih baru dan belum dibuka, seiring berjalannya waktu, kondisi produk tersebut tetap akan menurun.

Tak bisa dipungkiri, pasti banyak produk yang tak diketahui waktu kedaluwarsanya. Mungkin karena dusnya sudah dibuang, atau tulisan waktu kedaluwarsa sudah pudar. Nah, untuk mengetahui apakah produk kosmetik kamu sudah kedaluwarsa atau belum, berikut tanda-tandanya:

  • Produk berbau aneh
  • Produk mengalami perubahan tekstur (misal: krim wajah yang mengeras atau mencair)
  • Produk berubah warna
  • Formula produk tampak terpisah (misal: terdapat lapisan minyak di atas foundation)
  • Saat diaplikasikan, warna produk tampak pudar

Kalau menemukan tanda-tanda berikut pada produk yang dimiliki di rumah, lebih baik hentikan penggunaan walau tidak ada reaksi negatif pada kulit, ya! Better be safe than sorry, ladies!

Baca juga: Ketahui dan Jaga Masa Kedaluwarsa Produk Kosmetik dengan 5 Hal Berikut

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Lain Bengkuang yang Perlu Diketahui
Artikel Selanjutnya
Jangan Dibuang, Minyak Zaitun Kedaluwarsa Bisa Jadi Makeup Remover!