Sukses

Beauty

Tips Dapatkan Kulit Flawless Tanpa Produk Skin Care dan Makeup

ringkasan

  • Menghindari paparan sinar matahari
  • Menjaga keseimbangan hormon
  • Menjaga sistem pencernaan

Fimela.com, Jakarta Tanpa foundation, kamu masih bisa mendapatkan kulit flawless dengan bantuan skin care dan concealer. Namun, apakah kamu bisa mendapatkan kulit flawless tanpa menggunakan produk apapun? Jawabannya bisa! Tak hanya dengan rutin minum air putih 8 gelas sehari, berikut 5 cara mendapatkan kulit flawless tanpa produk skin care atau makeup apapun!

1. Menghindari paparan sinar matahari

Perlu diketahui, menggunakan sunscreen saja tidak cukup untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV, lho. Padahal, 90% masalah penuaan pada kulit disebabkan oleh sinar UV, termasuk kulit kusam dan noda hitam.

Nah, untuk menjaga kondisi kulit kamu, coba minimalisir paparan sinar matahari, yuk! Mulai dari menggunakan kacamata, topi, menggunakan pakaian yang lebih tertutup, hingga berjalan di area teduh alih-alih di bawah terik matahari secara langsung.

2. Mengurangi konsumsi gula dan olahan susu

Sudah pernah mendengar tentang sugar face dan dairy face? Kedua hal tersebut adalah masalah kulit yang terjadi akibat konsumsi gula dan susu. Pasalnya, gula rafinasi dapat menyerang dan merusak kolagen serta elastin, dua komponen penting yang membuat kulit kenyal, halus, dan lembut.

Sedangkan hormon estrogen dan progesteron dalam susu dapat memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum dalam jumlah berlebihan yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan kulit flawless dan sehat, coba kurangi konsumsi gula dan olahan susu, yuk!

3. Menjaga keseimbangan hormon

Salah satu penyebab utama jerawat adalah ketidakseimbangan hormon. Itulah kenapa ada istilah jerawat hormonal. Untuk mengatasi masalah jerawat sekaligus menjaga kulit dari masalah, kamu bisa menjaga keseimbangan hormon dengan menjaga pola makan dan gaya hidup. Misalnya dengan mengurangi konsumsi olahan susu dan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan manfaat untuk kondisi kulit, seperti sayur dan buah-buahan.

4. Menjaga sistem pencernaan

Tahukah kamu bahwa ada istilah gut-skin axis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara sistem pencernaan dengan kesehatan kulit? Salah satu poinnya adalah saat bakteri baik dalam sistem pencernaanmu rendah, maka sistem imun akan melemah, yang turut memengaruhi kesehatan kulit dan perlindungan kulit dari faktor stres eksternal.Hubungan antara sistem pencernaan dan kesehatan ini terutama paling berpengaruh pada kondisi kulit eczema, psoriasis, dan jerawat. Solusinya? kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan dengan bakteri baik atau yang mengandung probiotik.

5. Tidur yang cukup

Saat tidur, tubuh akan bekerja untuk memperbaiki dan meregenerasi sel, memproduksi kolagen, serta mendorong aliran darah pada kulit. Kalau tidur kamu tidak cukup, tentu seluruh proses tersebut pun tak akan bekerja dengan maksimal. Tak hanya itu saja, kurang tidur juga akan meningkatkan hormon stres pada tubuh, yang dapat memicu masalah kulit serta mengurangi kemampuan kulit untuk tetap lembap. Akibatnya? Kulit akan tampak kusam, lelah, serta area bawah mata menjadi gelap. Nah, kalau kamu masih suka bergadang, jangan heran jika kulit wajah kerap terlihat kusam, ya!

Selain kelima cara di atas, kamu juga bisa turut menjaga kesehatan kulit dan dapatkan kulit yang lebih sehat dengan cara:

  • Melakukan detoksifikasi rutin untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dengan cara diet atau mengikuti program detoksifikasi, misalnya program minum jus selama 5 hari.
  • Memperbaiki gaya hidup dengan mengurangi kafein, alkohol, dan rokok.
  • Rutin berolahraga untuk membantu mengurangi racun dalam tubuh dan stres, serta mendorong sirkulasi darah.
  • Memijat wajah secara rutin untuk mendorong sirkulasi darah dan mengurangi stres.
  • Menjaga kebersihan untuk mencegah jerawat. Misalnya dengan rutin mengganti sarung bantal, membersihkan alat kecantikan, membersihkan layar ponsel, serta rutin mencuci tangan.

Jika ingin mendapatkan kulit yang lebih flawless, coba jalani beberapa cara di atas, yuk, ladies!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kadar Stres Selama Hamil Bisa Tentukan Jenis Kelamin Bayi, Menurut Studi!
Artikel Selanjutnya
Air Tajin, Solusi untuk Memperpanjang Rambut