Sukses

Beauty

Tips Cegah Jerawat Timbul Menjelang Menstruasi

ringkasan

  • Perubahan hormon menjelang menstruasi dapat menimbulkan ragam masalah kulit, salah satunya jerawat
  • Untuk meminimalisir jerawat menstruasi, pastikan kulit bebas minyak
  • Pakai retinol dan minum pil KB juga bisa menghindari timbulnya jerawat karena hormon menstruasi

Fimela.com, Jakarta Perubahan hormon menjelang menstruasi bisa berdampak buruk ke wajah. Menurut penelitian, lebih dari 60% wanita dengan tipe kulit acne-prone mengalami jerawat sebelum menstruasi.

Peningkatan kadar progesteron dan testosteron akan merangsang kelenjar minyak untuk mengeluarkan lebih banyak sebum. Efek sebum dapat menghasilkan glowing yang sehat pada kulit, tapi di sisi lain juga dapat menyebabkan jerawat karena minyaknya menyumbat pori-pori, bergabung dengan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati.

Untuk meminimalisir timbulnya jerawat menjelang menstruasi, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Simak, ya!

 

Cara Meminimalisir Jerawat Menstruasi

Pastikan Wajah Bebas Minyak

Cuci muka dua kali sehari, bila perlu dengan double cleansing. Jangan sampai tidur dengan keadaan kulit yang belum bersih, hindari skincare dan makeup yang mengandung minyak, dan mandilah setelah beraktivitas berat.

Minum Pil KB

Pil KB dapat memperlambat produksi minyak berlebih dengan menghalangi peningkatan hormon yang biasa terjadi satu-dua minggu sebelum menstruasi. Tapi, terkadang butuh waktu bagi tubuh untuk merespon pil tersebut sehingga penggunaan pil KB untuk mencegah jerawat menstruasi tidak langsung menunjukkan hasil.

Pakai Retinol

Retinol membantu menjaga pori-pori tetap bersih dari kotoran yang menyumbat, sehingga jerawat dapat dihindari. Tapi, hasil dari penggunaan retinolpun tidak langsung terlihat.

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Hindari Kesalahan Terbesar Saat Menangani Jerawat
Artikel Selanjutnya
Penyebab Bekas Jerawat Menjadi Bopeng dan Bolong