Sukses

Beauty

Bersihkan Makeup Maksimal dengan Cara yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Menggunakan makeup sepanjang hari merupakan bagian dari rutinitas perempuan menjalani aktivitas. Kecuali saat tidur. Tentu kamu tidak ingin tidur dalam keadaan wajah masih penuh makeup dan kotoran yang menempel setelah aktivitas seharian. Sehingga penting untuk membersihkan makeup sebelum tidur.

Teknik membersihkan makeup pun menjadi penting untuk kebersihan yang maksimal. Melansir dari Real Simple, seorang dokter kulit, dr. Nancy Satur berbagi tips soal langkah-langkah membersihkan makeup yang tepat.

1. Pilih produk makeup yang tepat

Menurut Satur, secara teknis kamu tidak harus menghapus makeup sebelum tidur selama menggunakan jenis yang tepat. Kulit tidak bernafas, jadi tertidur tanpa menghilangkan riasan sebenarnya tidak akan mencekik kulit, namun lebih membawa efek buruk pada sarung bantal yang kemudian mentransfer kotoran kembali ke wajah.

Kamu hanya perlu pastikan bahwa produk rias yang digunakan bukan penyebab jerawat. Cara mencarinya, perhatikan produk dengan istilah non-comedogenic, non-acnegenic, tidak menyumbat pori-pori atau tidak menyebabkan jerawat.

Yang membuat menghapus makeup menjadi sebuah kewajiban adalah keringat alami yang timbul sepanjang hari. Keringat di siang hari atau setelah berolahraga dapat menyebabkan berkembangnya bakteri di lingkungan yang lembap. Sehingga tidak membersihkannya dengan tepat akan membuat mikroba berkembang.

2. Menggunakan micellar water

Satur merekomendasikan untuk menggunakan micellar water sebagai pembersih makeup yang lembut dan efektif. Micellar water sendiri merupakan air pembersih non bilas yang bebas sabun dan mengandung tetesan minyak kecil yang tersuspensi dalam air.

Micellar water menjadi pilihan yang sangat tepat jika kamu memiliki kulit sensitif. Produk ini menawarkan formulasi ringan yang tidak menghilangkan kelembapan kulit pada kulit. Pastikan untuk melakukannya secara lembut pada saat menggesek produk pada wajah.

 

Cara membersihkan makeup dengan tepat

3. Teknik membersihkan yang berbeda di setiap bagian wajah

Riasan mata bisa sangat sulit untuk dibersihkan. Hindari untuk menggosok area mata karena area tersebut sudah sangat sensitif. Direkomendasikan untuk menghapus riasan mata dengan pembersih berbasis minyak. Atau gunakan micellar water yang memang dikhususkan untuk riasan mata.

4. Jangan gunakan tisu bayi

Menggunakan tisu basah untuk menghapus makeup bisa mempersingkat waktu. Namun tidak disarankan untuk hal tersebut. Meski tisu bayi menyerupai tisu rias, keduanya tidak diformulasikan untuk melakukan pekerjaan yang sama. Tisu bayi menawarkan pembersihan yang lembut untuk kulit. Namun tisu bayi tidak dilengkapi dengan bahan yang bisa menghapus riasan membandel.

5. Setelah dibersihkan

Setelah membersihkan makeup dengan micellar water, gunakan pembersih wajah yang lembut untuk memastikan produk makeup terangkat semua. Tunggu sampai wajah benar-benar kering, kemudiann aplikasikan pelembap.

 

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Belum Diluncurkan, Lipstik Luna Maya Ludes Terjual Dalam Sehari
Artikel Selanjutnya
Trik Mengaplikasikan Sunscreen di Atas Makeup