Sukses

Beauty

Tak Hanya Tubuh, Ternyata Rambut juga Perlu Detoksifikasi, Lho!

Fimela.com, Jakarta Tumpukan racun akibat makanan, polusi, dan radikal bebas bisa mengakibatkan berbagai macam masalah kulit, mulai dari kulit kusam, jerawat, sampai penuaan dini. Oleh karena itu banyak orang yang melakukan detoksifikasi untuk membantu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh dengan tujuan mendapatkan kulit yang lebih sehat, bersih, dan bercahaya. Tapi tahukah kamu, jika tak hanya tubuh saja yang membutuhkan detoksifikasi? Area kepala, khususnya Rambut juga memerlukan detoksifikasi, lho! Penasaran dengan manfaat yang bisa kita dapatkan dari hair detox, dan bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Manfaat Detoksifikasi Rambut

Tentunya setiap perempuan mendambakan memiliki rambut yang indah dan berkilau. Namun polusi, proses hair styling, hingga penggunaan produk-produk rambut bisa membuat rambut mengalami kerusakan. Untuk itu kamu perlu melakukan detoksifikasi pada rambut. Detoksifikasi rambut sangat dibutuhkan, terutama untuk membersihkan rambut secara keseluruhan dari sisa kotoran yang masih menempel di kulit kepala. Apabila tidak dibersihkan, kotoran tersebut menumpuk di kulit kepala dan dapat menyumbat folikel rambut. Hal ini yang menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi terhambat, penuaan dini pada rambut, serta masalah rambut lainnya.

Cara Melakukan Detoks Rambut

Cara kerja detoksifikasi rambut sama dengan yang terjadi di dalam tubuh dengan mengeluarkan toksin pada tiap helai rambut. kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk melakukan hair detox.

Hentikan pemakaian alat dan produk hair styling

Terlalu sering mengunakan alat penata rambut bersuhu panas, seperti curling iron, hair straightener, dan hair dryer bisa membuat rambut kehilangan minyak alaminya sehingga menjadi kering. Selain itu, penggunaan produk styling juga bisa menyumbat folikel yang menyebabkan tumpukan residu pada kulit kepala. Untuk itu jika ingin melakukan hair detox, kamu perlu menghentikan pemakaian alat dan produk hair styling selama menjalani detoksifikasi rambut. kamu bisa melakukannya selama 1 bulan.

Pilih sampo dengan kandungan bahan alami

Sampo menjadi produk perawatan yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada rambut. Namun jika kamu menggunakan sampo dengan kandungan kimia terlalu sering, hal ini justru akan menimbulkan masalah baru pada rambut. Oleh karena itu, gantilah produk sampo kamu dengan menggunakan sampo yang dibuat menggunakan bahan alami yang memiliki formula lebih aman dan lembut. Pastikan juga untuk memilih sampo yang sesuai dengan kondisi rambut kamu, ya.

Baca juga: Tertarik Beralih ke Sampo Tanpa Sulfat? Ketahui Aturan Penggunaannya Terlebih Dahulu, Yuk!

Eksfoliasi kulit kepala

Terkadang mencuci rambut dengan sampo saja tidak cukup, kamu juga perlu melakukan eksfoliasi kulit kepala agar kotoran dan tumpukan residu dari produk rambut yang digunakan dapat dibersihkan secara sempurna. Proses eksfoliasi kulit kepala ini sangat penting untuk membuat kulit kepala terhindar permasalahan kulit kepala yang umum terjadi, seperti terkelupas, kering, dan gatal. Tak hanya itu, kulit kepala yang sehat juga merupakan kunci dari rambut yang sehat dan berkilau, kamu bisa menggunakan produk khusus yang bermanfaat untuk eksfoliasi kulit kepala, atau memilih produk hair scrub yang sesuai dengan kondisi kulit kepala.

Gunakan hair mask dari minyak alami

Selain berfokus pada membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, kamu juga perlu memperhatikan kelembapan rambut saat melakukan hair detox. Salah satu cara alami yang bisa kamu coba untuk membuat rambut menjadi lembap dan halus adalah menggunakan masker rambut yang terbuat dari minyak alami.kamu bisa menggunakan olive oil yang yang berfungsi melapisi rambut dengan melembapkan dan melindungi dari kerusakan.

Caranya, panaskan satu sendok makan olive oil hingga hangat selama 10-15 detik. Kemudian, aplikasikan minyak ke rambut yang masih kering dan tutup dengan penutup kepala yang terbuat dari plastik. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas bersih dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga: Selain Wajah, Eksfoliasi Juga Penting Dilakukan pada Area Kulit Kepala. Ini 5 Manfaatnya!

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebelum Memasuki Usia 30, Pastikan Melakukan 5 Rutinitas Kecantikan Ini
Artikel Selanjutnya
Mengenal Reusable Cotton Pads dan Cara Penggunaannya