Sukses

Beauty

Ketahui Perbedaan Retinol dan Retinoid dalam Skincare

Fimela.com, Jakarta Retinol dan retinoid adalah dua jagoan dalam skincare. Kamu mungkin sudah familiar dengan keduanya, tapi apakah sudah benar-benar mengetahui perbedaannya?

Pada dasarnya retinol dan retinoid adalah turunan vitamin A yang dikonversi menjadi retinoic acid. Ibarat manusia, retinol dan retinoid adalah 'sepupu'. Selebihnya, beginilah perbedaan lain antara retinol dan retinoid.

Konsentrat

Retinol memiliki konsentrat lebih rendah karena melalui proses konversi lebih panjang, sementara retinoid lebih tinggi. Karenanya, retinol bisa ditemukan dalam serum atau krim wajah yang tersedia di drugstore, sementara retinoid hanya bisa didapat dengan resep dokter.

Cara Kerja

Perbedaan konsentrat antara retinol dan retinoid menyebabkan perbedan cara kerja antara keduanya. Retinol yang cenderung memiliki retinoit aktif lebih sedikit, akan lebih lama memperlihatkan hasilnya dibanding reinoid.

Kemasan

Retinol seringkali dikombinasikan dengan bahan lain seperti pelembap, guna meminimalisir kekeringan dan iritasi, menambah antioksidan, serta mencerahkan kulit. Hal ini membuat retinol lebih bersahabat dengan kulit dibanding retinoid.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Jenis Sheet Mask yang Berikan Tambahan Manfaat Selain Anti Aging
Artikel Selanjutnya
Lip Cream Matte Lokal Mengandung Vitamin E, Cegah Bibir Pecah-Pecah