Sukses

Beauty

Langkah yang Perlu Dilakukan Sebelum Membangun Rutinitas Skincare

ringkasan

  • Mengetahu masalah kulit
  • Mengetahui jenis kulit
  • Mengetahui apa yang kulitmu butuhkan

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang, kalau berbicara soal skincare sepertinya tidak akan ada habisnya, ya. Selain produk-produknya, tren perawatan kulit pun terus berkembang dari waktu ke waktu. Nah, dua kejadian ini sering kali membuat seseorang yang masih pemula dalam urusan skincare, merasa kewalahan saat hendak membangun sebuah rutinitas. Lantas, sebenarnya apa saja sih hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membangun rutinitas skincare?

Tahu jenis kulit

Membangun rutinitas skin care yang tepat harus dimulai dengan mengetahui jenis kulit kita terlebih dahulu, terlepas dari apa masalahnya. Memang sih, ada beberapa produk yang diklaim cocok untuk semua jenis kulit. Namun, umumnya tipe produk seperti itu tidak dapat bekerja secara efektif saat digunakan pada jenis kulit tertentu.Kondisi pertama yang perlu kamu ketahui adalah kadar minyak pada kulit. Dari situ kamu bisa tahu apakah kulit kamu termasuk kulit kering, berminyak, atau kombinasi. Kondisi selanjutnya yang perlu dicari tahu adalah tingkat sensitivitas kulit. Jika kulitmu tergolong sensitif, pastikan untuk memilih produk yang gentle, ya! Selain itu, saat mencari tahu jenis kulit, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan berikut.

Tahu masalah kulit

Setelah mengetahui jenis kulit, amati masalah kulit apa yang biasa dialami. Misalnya, wajah mudah berjerawat dan mengalami bekas luka yang sulit hilang. Atau, kulit kerap terasa tertarik dan mulai muncul garis-garis halus. Dengan demikian, kamu bisa memilih produk yang tak hanya cocok untuk jenis kulit, tetapi juga dapat menyelesaikan masalah kulitmu.

Tahu apa yang dicari

Meski zaman sekarang banyak tren perawatan kulit yang terdiri dari beragam tahapan, sebenarnya langkah yang penting untuk dilakukan secara konsisten hanyalah tiga. Mulai dari cleansing yang berfungsi untuk membersihkan wajah, lanjut ke toning yang berfungsi untuk menyeimbangkan kulit, dan ditutup dengan moisturizing yang berfungsi untuk melembapkan, menghidrasi, dan membuat kulit lebih lembut.Dimulai dari tiga langkah sederhana tersebut, kemudian kamu bisa menambahkan beberapa produk yang ditargetkan khusus untuk masalah kulit kamu. Sebelum memilih produk, pastikan kamu benar-benar membutuhkannya, dan tidak hanya sekadar mengikuti tren saja. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperbarui produk yang digunakan, seiring dengan pertambahan usia.

Baca juga: Cara Menyusun Rangkaian Skin Care untuk Pemula

Loading
Artikel Selanjutnya
Penjelasan Penting Tentang Jerawat di Kulit Kepala yang Perlu Diketahui
Artikel Selanjutnya
Tips Menguatkan Skin Barrier Menurut Pakar