Sukses

Beauty

Tips Aplikasi Foundation dari MUA untuk Riasan Flawless namun Tetap Natural

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang, yang namanya mengaplikasikan foundation bisa dibilang susah-susah gampang. Terkadang sih hasilnya bagus. Di lain waktu, kok hasilnya wajah malah terlihat cakey dan 'dempul', ya? Biasanya, hasil riasan yang kurang terlihat natural inilah permasalahan yang paling sering ditemui. Bagaimana cara menyiasatinya? Coba intip tips dari makeup artist ini, yuk!

Mengenal foundation mapping

Bertujuan untuk meratakan warna kulit, cara aplikasi foundation yang paling umum dilakukan adalah dengan meratakan foundation ke seluruh bagian wajah. Baik dengan spons, kuas, ditotol-totol, maupun dengan jari. Baru setelahnya jika dibutuhkan coverage lebih kamu menggunakan concealer pada bagian yang membutuhkan.

Nah, menurut makeup artist ternama Zoe Taylor, tips foundation mapping memiliki konsep aplikasi menyerupai concealer, yaitu hanya mengaplikasikan foundation pada area yang membutuhkan. Dengan tips ini, beberapa area wajah kamu yang tak butuh coverage pun dapat dibiarkan apa adanya, sehingga membuat keseluruhan tampilan wajah lebih natural dan tampak skin-like.

Baca juga: Berbagai Istilah Permasalahan Complexion yang Perlu kamu Ketahui dan Cara Mengatasinya

Apa yang perlu dipersiapkan?

Kunci dari tips ala makeup artist ini terletak di pemilihan produk foundation yang tepat. Foundation seperti apa yang perlu dicari? Pilih foundation yang memiliki formula smooth, seamless, dan blendable, alias tidak akan terlihat cakey walau hanya diaplikasikan sedikit-sedikit dan dapat membaur dengan baik. Sahabat Fimela juga perlu memilih foundation yang warnanya sesuai dengan warna kulit kamu. Kalau sampai shade warnanya tak sesuai, sudah pasti wajah kamu akan terlihat belang-belang.

Apabila foundation yang kamu miliki terasa 'berat' dan kurang smooth, kamu bisa mengakalinya dengan mencampurkan foundation dan face oil atau moisturizer. Untuk mendapatkan hasil flawless yang maksimal, pastikan kamu juga sudah mempersiapkan kulit sebelumnya dengan penggunaan skin care, ya. Jika diperlukan, gunakan juga primer yang dapat mengisi pori-pori untuk tampilan kulit lebih halus.

Baca juga: Pssst, Ternyata Ini Lho Rahasia Kulit Flawless Walau Tanpa Foundation!

Cara aplikasi foundation mapping

Biasanya, permasalahan warna kulit tak merata paling sering ditemukan di area T-zone yang kemerahan atau gelap karena komedo. Jadi, mulailah dengan area T-zone dan fokuskan pada area yang bermasalah seperti sekitar cuping hidung. Jika kamu ingin melewatkan penggunaan concealer, aplikasikan juga foundation pada area bawah mata. Namun jika kamu ingin menggunakan concealer, kamu bisa melewatkan foundation di area bawah mata agar aplikasi concealer lebih halus dan tidak cakey karena bertumpuk dengan foundation.

Untuk mendapatkan hasil riasan yang tetap terlihat menyatu dan merata walau kamu tak mengaplikasikan foundation ke seluruh bagian wajah, aplikasikan sisa foundation pada sisi rahang dan leher kamu. Terakhir, untuk memberi sedikit coverage tambahan sekaligus memastikan makeup kamu tak bergeser, aplikasikan bedak tipis-tipis. Nah, yang paling penting dalam aplikasi foundation mapping adalah jangan tergoda untuk mengaplikasikan foundation pada area yang tidak membutuhkan.

Jadi, kalau dirangkum lagi, inilah kunci untuk melakukan foundation mapping dan mendapatkan hasil yang maksimal:

  1. Pilih foundation yang dapat membaur dengan kulit.
  2. Fokuskan aplikasi foundation pada area bermasalah saja.
  3. Baurkan foundation dan pastikan foundation tidak terlihat belang.
  4. Hindari mengaplikasikan foundation pada area yang tidak membutuhkan.

Cukup mudah, bukan? Untuk teknik aplikasi bisa kamu sesuaikan dengan preferensi masing-masing. Baik dengan jari, spons, maupun kuas.

Rekomendasi foundation

Bagi kamu yang ingin mencoba tips foundation mapping dan sedang mencari foundation yang tepat, 5 produk berikut dapat menjadi pilihan:

  1. Rosé All Day The Realest Lightweight Foundation
  2. Shu Uemura Unlimited Fluid Foundation
  3. Make Over Powerstay Weightless Liquid Foundation
  4. Maybelline Fit Me! Matte Poreless Foundation
  5. Missha Radiance Foundation Spf20/pa++

Baca juga: 5 Rekomendasi Low Coverage Foundation untuk Makeup Ringan yang Natural

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menggunakan Moisturizer dan Face Oil, Mana yang Lebih Dulu Digunakan?
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Produk untuk Menghindari Kerusakan Kulit Akibat Blue Light